ADA EMPAT SOLUSI UNTUK MENGATASI KRISIS LAHAN PEMAKAMAN DI KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kota Sukabumi krisis lahan pemakaman, sehingga nyaris tidak memiliki lahan untuk pemakaman. Hal tersebut ditanggapi secara serius oleh Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., sebab dari luas lahan pemakaman yang ada di Kota Sukabumi sekitar 49 hektar yang tersebar di sejumlah TPU (Tempat Pemakaman Umum), lahan yang kosong untuk pemakaman nyaris tidak ada. Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi menjelaskan, ada empat solusi untuk mengatasi krisis lahan pemakaman di Kota Sukabumi. Adapun yang pertama dengan melakukan penumpukan jenazah dalam satu makam, sesuai dengan aturan Islam untuk keluarga muslim, seperti untuk makam suami-istri.

Kemudian yang kedua harus ada pelarangan penembokan makam di pemakaman umum. Sebab menurut fatwa MUI, penembokan terhadap makam di pemakaman umum merupakan salah satu hal yang dilarang. Demikian pula di pemakaman milik pribadi, merupakan salah satu hal yang makruh. Selanjutnya yang ketiga membeli lahan baru untuk tempat pemakaman di daerah pinggiran Kota Sukabumi atau di daerah Kabupaten Sukabumi, dan yang keempat melakukan kremasi jenazah bagi orang non muslim, sehingga dapat mengurangi krisis lahan pemakaman di Kota Sukabumi. Wali Kota Sukabumi mengatakan, apabila membeli lahan untuk tempat pemakaman warga masyarakat Kota Sukabumi di daerah Kabupaten Sukabumi, Pemerintah Kota Sukabumi akan melakukan kerja sama dengan Pememerintah Kabupaten Sukabumi, serta tempatnya tidak jauh dari Kota Sukabumi.

Sementara Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pemakaman DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Ujang Rustiandi menjelaskan, dari luas lahan pemakaman yang ada di Kota Sukabumi sekitar 49 hektar, lahan yang kosong untuk pemakaman nyaris tidak ada. Dijelaskan pula, luas lahan pemakaman tersebut, tersebar di sejumlah TPU (Tempat Pemakaman Umum) di Kota Sukabumi. Antara lain TPU Taman Bahagia Benteng Kecamatan Warudoyong, TPU Binong, TPU Taman Rahmat Citamiang Kecamatan Citamiang, TPU Kerkop Kecamatan Citamiang, TPU Cikundul Kecamatan Lembursitu, TPU Khusnul Khotimah Ciandam Kecamatan Cibeureum, TPU Astana Baros Kecamatan Baros, TPU Tegalpari Kecamatan Gunungpuyuh, dan 2 TPU di Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole. Selain itu juga dijelaskan, luas lahan pemakaman yang tersebar di sejumlah TPU di Kota Sukabumi tersebut, diperkiraan seluas 90 persen sudah terisi, terutama di TPU Taman Bahagia Benteng Kecamatan Warudoyong.