CALON PESERTA MUDIK GRATIS HARI RAYA IDUL FITRI TAHUN 1439 HIJRIYAH CUKUP BANYAK

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Bidang LLA (Lalu Lintas dan Angkutan) Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, H.R. Imran Whardhani, A.Md.LLAJ., S.IP., M.Si. menjelaskan, Calon Peserta Mudik Gratis Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah, di Kota Sukabumi cukup banyak. Buktinya, kendati Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah ini masih lama, tapi jumlah calon penumpang mudik gratis yang ditargetkan sebanyak 750 kursi ini, hanya tinggal tersisa 150 kursi lagi, karena sebanyak 600 kursi sudah terisi.

Dijelaskan pula, dalam Program Mudik Gratis Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah ini, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi menyiapkan sebanyak 17 unit bus dengan kuota 750 kursi, yakni 15 unit bus dari Pemerintah Pusat dan 2 unit bus dari Pemerintah Daerah. Selain itu juga dijelaskan, program mudik gratis ini sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Pusat, sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi dan menekan kecelakaan lalu lintas pada saat Mudik Hari Raya Idul Fitri.

Lebih jauh Kepala Bidang LLA Dinas Perhubungan Kota Sukabumi menjelaskan, dalam Program Mudik Gratis Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah ini, pemerintah tidak hanya menyiapkan armada saja, tapi juga menyiapkan tim medis dan yang lainnya, untuk mengantisipasi adanya penumpang yang sakit serta untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan para penumpang selama di perjalanan. Karena Dinas Perhubungan Kota Sukabumi bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, BNN (Badan Narkotika Nasional), serta instansi dan lembaga lainnya.

Disamping itu, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi juga menyiapkan kendaraan truk, untuk mengangkut sepeda motor yang dibawa oleh para penumpang. Diharapkannya. dengan berbagai upaya tersebut, dapat mengantisipasi dan menekan kecelakaan lalu lintas pada saat Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah. Adapun anggaran yang disediakan untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Program Mudik Gratis ini. yakni dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi yang besarnya mencapai Rp. 21 juta, untuk biaya 3 hari perjalanan ke luar kota.

Dikatakannya, Program Mudik Gratis ini mendapat sambutan secara positif dan antusias dari warga masyarakat Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi. Buktinya jumlah calon penumpang yang sudah mendaftar untuk mengikuti program ini sudah cukup banyak, yakni sudah mencapai 600 orang dari target sebanyak 750 orang penumpang. Dikatakan pula, target penumpang dalam Program Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah ini, mengalami peningkatan sebanyak 100 orang, dari target penumpang Program Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1438 Hijriyah yakni sebanyak 650 orang penumpang.