POLRES SUKABUMI KOTA MENYELENGGARAKAN FGD PENANGGULANGAN PAHAM RADIKALISME

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Polres Sukabumi Kota menyelenggarakan FGD (Focus Group Discussion), dengan mengangkat tema Penanggulangan Paham Radikalisme, Intoleransi dan Anti Pancasila, yang diikuti oleh unsur pemerintahan, akademisi, praktisi, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda se wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, tepatnya tanggal 18 April 2018, di Hotel Pangrango Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si. menjelaskan, dilaksanakannya FGD ini sebagai salah satu langkah dan upaya penanggulangan paham negatif, seperti Paham Radikalisme, Intoleransi dan Anti Pancasila, baik di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan pemerintahan. Selain itu juga sebagai tempat berbagi informasi antar elemen, sekaligus melakukan pendekatan dan memberikan wawasan kepada masyarakat, untuk senantiasa mengantisipasi adanya pergerakan atau kegiatan yang berbau paham negatif.

Tapi hingga saat ini, Polres Sukabumi Kota belum melihat adanya suatu pergerakan atau kegiatan yang menonjol terkait Paham Radikalisme, Intoleransi dan Anti Pancasila. Namun demikian, Kapolres Sukabumi Kota menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota agar senantiasa waspada, serta apabila melihat ada pergerakan atau kegiatan yang berbau paham negatif tersebut, agar segera dilaporkan kepada aparat Polres Sukabumi Kota terdekat, untuk segera ditangani dan ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, karena hal tersebut bersifat atau merupakan bahaya laten.

Dijelaskan pula, untuk mengantisipasi adanya pergerakan atau kegiatan yang berbau paham negatif tersebut khususnya di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, Kapolres Sukabumi Kota terus menjalin kerja sama dengan unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) lainnya dan seluruh elemen masyarakat, untuk senantiasa melakukan monitoring terhadap berbagai kegiatan yang ada di lingkungan masyarakat, serta melakukan pendekatan kepada masyarakat, baik secara konstruktif maupun secara humanis. Karena dengan hal tersebut dapat mengantisipasi adanya Paham Radikalisme, Intoleransi dan Anti Pancasila, serta dapat menciptakan suasana yang kondusif, khususnya di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Sementara PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., dalam kesempatan tersebut mengharapkan, dengan dilaksanakannya FGD ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan wawasan segenap elemen masyaralat, untuk senantiasa mengantisipasi adanya Paham Radikalisme, Intoleransi dan Anti Pancasila. Disamping itu, PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi juga menghimbau kepada segenap elemen masyarakat dan seluruh aparat pemerintahan, agar senantiasa berupaya optimal menjaga tegaknya dan keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), serta Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila dan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Karena dengan hal tersebut, dapat menciptakan sekaligus meningkatkan suasana kondusif di masyarakat, yakni aman, tenteram, nyaman dan damai.