KPU KOTA SUKABUMI TETAPKAN DAFTAR PEMILIH TETAP PILKADA 2018

Reporter : Ratna Nurseha

KPU Kota Sukabumi menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tingkat Kota Sukabumi pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pemililihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Tahun 2018, di Ballroom Hotel Anugrah Sukabumi, Kamis, 19 April 2018.

Dalam rapat pleno terbuka ini KPU Kota Sukabumi menetapkan sebanyak 225.349 pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tingkat Kota Sukabumi yang terdiri dari 111.857 pemilih laki-laki dan 113.492 pemilih perempuan. Para pemilih ini akan menggunakan hak pilihnya di 527 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar 33 kelurahan dan 7 kecamatan se-Kota Sukabumi.

Ketua KPU Kota Sukabumi, Hamzah, S.Ag., usai kegiatan tersebut menjelaskan, jumlah DPT tersebut menjadi acuan untuk pengadaan logistik Pilkada baik Pilgub maupun Pilwalkot di Kota Sukabumi, diantaranya kertas suara yang harus disediakan. Kertas suara yang disiapkan harus sama dengan jumlah DPT ditambah 2,5 persen dari jumlah DPT.

Jumlah pemilih yang tercatat dalam DPT ini termasuk 571 orang penyandang disabilitas, warga Kota Sukabumi yang berada di luar negeri karena alasan menjadi TKI, study, dan orang dengan gangguan jiwa. Jumlah tersebut masih bisa bertambah dengan warga yang telah terdata hingga hari H pencoblosan yakni tanggal 27 Juni 2018 berusia 17 tahun, termasuk para purnawirawan TNI/Polri yang mendapat hak pilih setelah purna tugas sehingga mereka pun dapat menggunakan hak pilihnya.

Dalam proses penetapan DPT ini KPU bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi dalam pemutakhiran data penduduk sehingga data yang dihasilkan benar-benar valid. selain itu, KPU juga memaksinalkan peran PPK dan PPS dalam pengecekan dan pemutakhiran data di masyarakat sehingga diharapkan tidak ada satu pun warga yang kehilangan hak pilihnya.

Jumlah pemilih dalam DPT ini terdiri dari 23.805 pemilih di kecamatan Baros, 28.542 pemilih di kecamatan Cibeureum, 42.518 pemilih di kecamatan Cikole, 34.080 pemilih di Kecamatan Citamiang, 30.796 pemilih di kecamatan Gunungpuyuh, 26.418 pemilih di kecamatan Lembursitu, dan 39.190 pemilih di kecamatan Warudoyong.

Hadir dalam Rapat Pleno Terbuka ini, Dandim 0607 Kota Sukabumi, Plt. Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Kota Sukabumi, dan undangan lainnya.