KPU KOTA SUKABUMI SUDAH MENETAPKAN DPSHP UNTUK PILKADA SERENTAK TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi, sudah menetapkan DPSHP (Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan) di Kota Sukabumi, untuk Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018, yakni Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi serta Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018. Penetapan DPSHP tersebut/ dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka, yang berlangsung tanggal 19 April 2018, di Hotel Anugerah Sukabumi. Hadir dalam kesempatan tersebut, Dandim (Komandan Distrik Militer) 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Mohammad Mahfud As’at, S.IP., PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., Kepala Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T., dan para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Kota Sukabumi, Hamzah, S.Ag. menjelaskan, jumlah DPSHP di Kota Sukabumi bertambah sebanyak 1.307 orang dari DPS sebelumnya sebanyak 224.042 orang menjadi 225.349 orang. Jumlah DPSHP tersebut, tersebar di 7 kecamatan dan 33 kelurahan se Kota Sukabumi. Dikatakannya, jumlah DPS tersebut masih bisa berubah, sebelum ditetapkan menjadi DPT (Daftar Pemilih Tetap), karena DPS tersebut sifatnya masih sementara. Perubahan jumlah DPS tersebut, bisa diakibatkan oleh perubahan jumlah penduduk, baik yang datang maupun yang pindah atau meninggal dunia. Untuk itu, KPU Kota Sukabumi bersama PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) se Kota Sukabumi, akan senantiasa berupaya optimal melakukan pencermatan terkait DPS tersebut, termasuk melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Kota Sukabumi dan SKPD serta instansi dan lembaga terkait lainnya.

Selain itu, Ketua KPU Kota Sukabumi juga menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi khususnya yang sudah berusia 17 tahun, agar segera membuat Adminduk (Admistrasi Kependudukan) ke Disdukcapil Kota Sukabumi, terutama KK (Kartu Keluarga) dan KTP-el (Kartu Tanda Penduduk elektronik). Maksud dan tujuannya, supaya dapat berpartisipasi sekaligus menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2018, baik Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi maupun Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018, dengan menyalurkan aspirasi dan hak pilihnya, sesuai dengan keinginan dan pilihannya masing-masing.