DISKOP UKM-PP KOTA SUKABUMI AKAN MEMBENTUK UPT KHUSUS YANG MENGANGANI TERA

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, akan membentuk UPT (Unit Pelaksana Teknis) khusus yang menangani tera dan tera ulang terhadap seluruh alat UTTP (Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya) di Kota Sukabumi.

Seperti dijelaskan Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M., akan dibentuknya UPT tersebut, setelah DPRD Kota Sukabumi menetapkan Rantus (Rancangan Keputusan) DPRD Kota Sukabumi tentang persetujuan terhadap Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) Kota Sukabumi tentang Penyelenggaraan Metrologi Legal dan Raperda Kota Sukabumi tentang Retribusi Pelayanan Tera dan Tera Ulang menjadi Keputusan DPRD yang definitif, dalam Rapat Paripurna, tepatnya tanggal 16 April 2018, di Ruangan Rapat Paripurna DPRD Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, tera atau tera ulang merupakan pengujian kembali terhadap seluruh alat UTTP, untuk melindungi konsumen dari kecurangan para pengusaha. Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya akan segera membentuk UPT khusus yang menangani tera dan tera ulang terhadap seluruh alat UTTP di Kota Sukabumi, karena SDM (Sumber Daya Manusia)-nya sudah ada. Selain itu, pihaknya juga akan langsung bergerak melakukan tera dan tera ulang terhadap seluruh alat UTTP yang dimiliki dan digunakan oleh para pelaku usaha di Kota Sukabumi, mulai dari SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar) hingga Toko dan Pedagang, untuk melindungi konsumen.

Selanjutnya dijelaskan, apabila ditemukan ada alat UTTP yang tidak tepat, para pelaku usahanya akan ditindak tegas dan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, karena hal tersebut merupakan bentuk dan tindakan criminal. Untuk itu, Diskop UKM-PP Kota Sukabumi akan melakukan kordinasi dengan pihak kepolisian.

Disamping itu juga dijelaskan, dengan sudah adanya Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi tentang Penyelenggaraan Metrologi Legal dan Perda Kota Sukabumi tentang Retribusi Pelayanan Tera dan Tera Ulang, Diskop UKM-PP Kota Sukabumi bisa melakukan pengawasan serta melakukan tera dan tera ulang terhadap seluruh alat UTTP di Kota Sukabumi secara optimal. Sebab sebelumnya, pengawasan serta tera dan tera ulang terhadap seluruh alat UTTP di setiap daerah kota dan kabupaten, hanya bisa dilakukan oleh Pemerintah Provinsi.