PJU DI KOTA SUKABUMI MENGALAMI KERUSAKAN ANTARA 10 SAMPAI DENGAN 20 PERSEN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Kepala Seksi PJU (Penerangan Jalan Umum) Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Lutpi Alip, S.T., PJU di sejumlah ruas jalan di Kota Sukabumi, hingga Caturwulan Tahun 2018 mengalami kerusakan antara 10 sampai dengan 20 persen. Adapun kerusakan PJU terbanyak di sejumlah ruas jalan di Kota Sukabumi tersebut, yakni pada saat wilayah Kota Sukabumi dilanda hujan lebat dan angin kencang, tepatnya pada tanggal 4 April 2018 yang lalu.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, akan berupaya optimal memperbaiki PJU yang mengalami kerusakan di Kota Sukabumi. Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melakukan perbaikan terhadap PJU tersebut, Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi sudah menyiapkan sebanyak 200 lampu dan sarana lainya.

Selain itu, pada tahun 2018 ini, Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi akan memasang sebanyak 140 titik PJU lingkungan di sejumlah ruas jalan kota yang tersebar di 7 wilayah kecamatan se Kota Sukabumi. Dikatakannya, ke 140 titik PJU tersebut merupakan pengajuan dari hasil Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) dan pemasangan rutin setiap tahun, untuk mendukung program Kota Sukabumi Caang.

Disamping itu, Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi juga akan mencoba memasang PJU Smart Sistem. Karena PJU tersebut kerusakannya dapat dideteksi langsung dari jarak jauh, melalui aplikasi HP yang dimiliki oleh petugas PJU, sehingga kerusakannya bisa segera diketahui serta bisa ditangani dan diperbaiki secara cepat.

Dijelaskannya, sebagai percobaan, Bidang Keselamatan Lalu Lintas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi akan memasang sebanyak 40 titik PJU tersebut di dua ruas jalan di Kota Sukabumi, yakni di ruas jalan Arief Rahman Hakim dan Jalan Gudang. Dijelaskan pula, dipilihnya kedua ruas jalan tersebut, supaya bisa lebih mudah dalam melakukan pengecekannya. Selain itu, PJU tersebut juga hemat energi. Sedangkan pemasangan PJU tersebut dijadwalkan pada bulan Juli 2018 mendatang, bersamaan dengan pemasangan 140 titik PJU lingkungan di sejumlah ruas jalan kota di 7 wilayah kecamatan se Kota Sukabumi.