WALI KOTA SUKABUMI MELAKUKAN MONITORING PELAKSANAAN UNBK PELAJAR SMP DAN MTS DI KOTA SUKABUMI TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. didampingi Kepala Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd., melakukan monitoring pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) Pelajar SMP dan MTs di Kota Sukabumi Tahun 2018, yang diselenggarakan selama 4 hari, tepatnya dari tanggal 23 sampai dengan 26 April 2018. Adapun Mata Pelajaran yang diujikan, antara lain tanggal 23 April 2018 Bahasa Indonesia, tanggal 24 April 2018 Matematika, tanggal 25 April 2018 Bahasa Inggris, dan tanggal 26 April 2018 IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi mengucapkan selamat mengikuti UNBK kepada seluruh pelajar SMP dan MTs se Kota Sukabumi seraya mengharapkan dan mendoakan, agar seluruh pelajar SMP dan MTs se Kota Sukabumi diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalani UNBK, serta mendapat hasil yang terbaik. Selain itu, Wali Kota Sukabumi mengingatkan kepada seluruh pelajar SMP dan MTs se Kota Sukabumi, bahwa UNBK ini bukan merupakan sebuah perlombaan untuk meraih peringkat yang tertinggi, tapi merupakan sebuah tes untuk mengukur kemampuan pelajar SMP dan MTs, untuk melangkah ke jenjang pendidikan serta karir yang lebih tinggi.

Sementara Kepala Dinas P dan K Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd. menjelaskan, UNBK SMP dan MTs Tahun 2018 ini, diikuti oleh 6.649 pelajar SMP dan MTs, yang terdiri dari 5.353 pelajar SMP dan 1.296 pelajar MTs, dari 76 SMP Negeri dan Swasta serta MTs Negeri dan Swasta se Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, dari 76 SMP dan MTs se Kota Sukabumi, hanya sekitar 30 persen yang sudah menjalankan UNBK secara mandiri. Karena UNBK ini, merupakan tahun pertama untuk tingkat SMP dan MTs di Kota Sukabumi. Dengan demikian, masih banyak SMP dan MTs di Kota Sukabumi yang belum memeiliki sarana komputer secara lengkap serta belum memadai dan memenuhi kebutuhan, sehingga harus ikut di SMA dan SMK terdekat. Untuk itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah SMA dan SMK di Kota Sukabumi yang sudah memiliki sarana komputer secara lengkap dan memadai. Tapi kendati harus ikut di SMA dan SMK, pada hari pertama pelaksanaan UNBK SMP dan MTs di Kota Sukabumi, dapat berjalan dengan baik dan lancar. sesuai harapan semua pihak.

Kepala Dinas P dan K Kota Sukabumi mengharapkan, pada tahun mendatang seluruh SMP dan MTs kuhususnya SMP dan MTs Negeri di Kota Sukabumi, sudah memiliki sarana komputer secara lengkap termasuk jaringan internetnya yang memadai dan memenuhi kebutuhan, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam melaksanakan UNBK. Selain itu juga mengharapkan, seluruh pelajar SMP dan MTs di Kota Sukabumi yang mengikuti UNBK Tahun 2018 dapat lulus 100 persen, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam mencapai Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat Berlandaskan Iman dan Taqwa. Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Dinas P dan K Kota Sukabumi meminta kepada seluruh pelajar SMP dan MTs se Kota Sukabumi yang mengikuti UNBK Tahun 2018, agar senantiasa tenang dan fokus mengerjakan seluruh soal ujian dengan baik dan optimal.