PADA TRIWULAN KEDUA TAHUN 2018 LELANG BARJAS DI KOTA SUKABUMI HARUS SELESAI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., meminta kepada SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait, agar pada Triwulan Kedua Tahun 2018, Lelang Barjas (Barang dan Jasa) di Kota Sukabumi harus selesai. Maksud dan tujuannya, untuk memudahkan kinerja Wali Kota Sukabumi Perode Tahun 2018-2023. Selain itu, penyerapan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi pada Triwulan Kedua Tahun Anggaran 2018, harus mendekati 50 persen. Karena hingga saat ini, penyerapan APBD di setiap SKPD di Kota Sukabumi rata-rata baru mencapai 14 persen.

Permintaan Wali Kota Sukabumi tersebut, disampaikan saat memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi Rakor (Rapat Koordinasi) Pelaksanaan APBD Kota Sukabumi Triwulan Pertama Tahun Anggaran 2018, tepatnya tanggal 23 April 2018, di Hotel Anugerah Kota Sukabumi.

Yang tidak kalah penting, pelaksanaan pembangunan di Kota Sukabumi yang anggarannya bersumber dari APBD Kota Sukabumi Tahun Anggaran 2018, dapat direalisasikan secara optimal. Sedangkan beberapa kendala dan permasalahan yang dihadapi saat ini, yakni adanya keterlambatan dalam penyerapan anggaran. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi meminta kepada setiap SKPD di Kota Sukabumi, agar bisa lebih cepat mengantisipasi dan segera melakukan langkah-langkah strategis dalam penyerapan anggaran.

Dalam pada itu, Kepala BPBJ (Bagian Pengadaan Barang dan Jasa) Setda Kota Sukabumi, Dr. H. Fahrur Razi, AMd.LLAJ., S.IP., M.Si. menjelaskan, target Walikota Sukabumi terkait Lelang Barjas dan penyerapan anggaran sangat tepat dalam siklus keuangan dan pembangunan saat ini. Untuk itu, Kepala BPBJ Setda Kota Sukabumi menghimbau kepada semua SKPD di Kota Sukabumi, agar segera menyiapkan berbagai dokumen dengan sebaik-baiknya, untuk keperluan proses lelang. Dikatakannya, apabila tidak ada kendala, proses lelang yang diajukan oleh setiap SKPD di Kota Sukabumi bisa dilaksanakan secara cepat.

Kepala BPBJ Setda Kota Sukabumi juga menjelaskan, pihaknya merasa optimis, bahwa target Wali Kota Sukabumi tersebut dapat dicapai dengan baik dan optimal. Karena saat ini ada 15 paket yang sudah  selesai proses lelang, dan 21 paket yang sedang dalam proses pelelangan. Sedangkan untuk total pelelangan dalam tahun anggaran 2018 belum semua terdata, karena pengajuannya belum masuk semua. Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala BPBJ Setda Kota Sukabumi meminta kepada semua pihak yang terlibat dalam organisasi pengadaan, agar segera menyiapkan pengadaan dengan sebaik-baiknya, supaya pengadaan dapat menghasilkan manfaat bagi masyarakat. Disamping itu, berbagai resiko yang dimungkin terjadi bisa dimitigasi, serta proses pengadaan bisa berjalan dengan baik dan lancar.