BPKD KOTA SUKABUMI SOSIALISASIKAN PAJAK CATERING

Reporter : Ratna Nurseha

Plt. Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. Saleh Makbullah, M.Si., membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Pajak Restoran (Catering) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, di Hotel Santika Sukabumi, Kamis, 26 April 2018.

Dalam sambutan  Wali Kota yang dibacakan Plt. Sekda Kota Sukabumi dijelaskan, Kota Sukabumi secara luas wilayah merupakan wilayah kota terkecil se-Jawa dan Bali. Oleh karena itu, pendapatan dari sektor pajak baik pajak kendaraan, pajak bumi dan bangunan (PBB), pajak hotel, pajak restoran, termasuk pajak Catering, sangat menunjang peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Sukabumi. Diadakannya sosialisasi ini adalah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan PAD Kota Sukabumi, agar meningkat lebih signifikan.

Dijelaskan pula, salah satu potensi pajak yang ada di tiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), yaitu pajak catering yang merupakan pajak dari anggaran makan dan minum. Pajak ini dipungut dan disetor oleh bendahara di masing-masing SKPD. Oleh karena itu kegiatan sosialisasi ini menghadirkan para Kasubag Keuangan dan Bendahara perwakilan dari tiap SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Sementara itu, Kabid Pendataan dan Penagihan pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Sukabumi, Rahman Ghania Kusumah, ST., MT.,  menjelaskan, pemungutan pajak catering ini akan dimulai pada bulan Mei 2018. Dengan pemberlakuan pajak catering ini, diharapkan peningkatan pajak restoran dan catering dapat meningkat, sekaligus dapat terlihat potensi pajak restoran dan pajak catering, baik yang dipungut dari manyarakat umum, maupun dari SKPD di lingkungan Pemkot Sukabumi.

Sosialisasi ini menghadirkan nara sumber Kabid Pendataan dan Penagihan, Kabid Akuntansi, dan Kasubid Pendataan dan Pendaftaran BPKD Kota Sukabumi.