PMI KOTA SUKABUMI MENARGETKAN SEBANYAK 2.500 KANTONG DARAH

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti dikatakan Wakil Kepala UTD (Unit Transfusi Darah) PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Sukabumi, Feri Pebriana, S.Pdi., M.Si., menjelang Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah, PMI  Kota Sukabumi menargetkan sebanyak 2.500 kantong darah. Maksud dan tujuannya, untuk memenuhi dan mengantisipasi kekurangan stok darah pada Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah.

Adapun upaya yang akan dilakukan oleh PMI Kota Sukabumi untuk mencapai target tersebut, diantaranya dengan melakukan kegiatan mobilisasi atau pengerahan donor darah, yang akan dilaksanakan selama 15 hari, tepanya dari tanggal 1 Mei sampai dengan tanggal 15 Mei 2018 mendatang.

Dijelaskannya, dalam kegiatan tersebut, PMI Kota Sukabumi akan menelusuri dan mendatangi sejumlah titik keramaian yang ada di wilayah Kota Sukabumi seperti mall dan sebagainya, untuk menarik warga masyarakat supaya dapat mendonorkan darahnya, termasuk ke setiap sekolah dan perguruan tinggi. serta perkantoran pemerintah dan swasta.

Sedangkan untuk menungjang kelancaran dan keberhasilan dalam melaksanakan kegiatan tersebut, PMI Kota Sukabumi akan membentuk empat tim, untuk melakukan penulusuran dan mendatangi sejumlah titik keramaian, sekolah dan perguruan tinggi serta perkantoran pemerintah dan swasta di Kota Sukbumi setiap hari. Dengan demikian, selama 15 hari kegiatan tersebut dilaksanakan, diharapkan dapat mencapai target sebanyak 2.500 kantong darah.

Dijelaskan pula, kegiatan mobilisasi donor darah pada saat menjelang Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah ini, sebab para pendonor darah akan berkurang, terutama pada Bulan Suci Ramadhan. Karena warga masyarakat muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Sedangkan warga masyarakat yang mendonorkan darah pada Bulan Suci Ramadhan, hanya warga masyarakat non muslim, seperti di Gereja dan tempat peribadatan lainnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, kebutuhan darah warga masyarakat pada Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, harus dipersiapkan dari sebelumnya, supaya kebutuhan darah warga masyarakat pada Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri dapat dipenuhi. Selain itu juga dikatakan, pihaknya merasa optimis, bahwa target sebanyak 2.500 kantong darah ini bisa dipenuhi. Karena selain akan dilakukan kegiatan mobilisasi donor darah, juga banyak undangan ke PMI, untuk melakukan donor darah.