BAZNAS KOTA SUKABUMI MENARGETKAN PENERIMAAN ZIS SEBESAR RP. 3 MILYAR

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Sekretaris Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, Drs. K.H. Muhammad Kusoy, M.Pd., Baznas Kota Sukabumi menargetkan penerimaan ZIS (Zakat, Infaq dan Shodaqoh) dari para muzakki atau orang yang wajib membayar dan menyalurkan ZIS di Kota Sukabumi, pada tahun 2018 sebesar Rp. 3 milyar.

Adapun upaya yang dilakukan Baznas Kota Sukabumi untuk mencapai target tersebut, diantaranya dengan membentuk UPZ (Unit Pengumpul Zakat) di setiap instansi, SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), BUMN dan BUMD, serta sekolah, perguruan tinggi, masjid majelis taklim dan lembaga lainnya yang ada di Kota Sukabumi. Selain itu, Baznas Kota Sukabumi juga senantiasa berupaya optimal dan menggencarkan penyuluhan dan sosialisasi kepada setiap instansi, SKPD, BUMN dan BUMD, serta sekolah, perguruan tinggi dan lembaga lainnya di Kota Sukabumi, tentang pentingnya membayar dan menyalurkan ZIS melalui Baznas Kota Sukabumi.

Sebab kesadaran para PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau ASN (Aparatur Sipil Negara) di Kota Sukabumi dalam membayar dan menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Sukabumi, harus senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan. Karena para PNS di Kota Sukabumi dalam membayar dan menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Sukabumi baru sekitar 20 persen, dari jumlah keseluruhan PNS di Kota Sukabumi.

Sedangkan program lainnya yang dilaksanakan Baznas Kota Sukabumi untuk mencapai target tersebut, diantaranya dengan meluncurkan program dan membentuk kampung zakat di Kota Sukabumi. Adapun maksud dan tujuannya, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran warga masyarakat dalam membayar dan menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Sukabumi. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Ditandaskannya, apabila para PNS dan muzakki di Kota Sukabumi menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Sukabumi, dapat mendorong dan meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat miskin di Kota Sukabumi, serta dapat mencapai target tersebut. Untuk itu, Sekretaris Baznas Kota Sukabumi menghimbau kepada para PNS dan muzakki di Kota Sukabumi, agar dalam membayar dan menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Sukabumi.

Sebab zakat termasuk infaq dan shodaqoh dari para PNS dan muzakki di Kota Sukabumi yang disalurkan melalui Baznas Kota Sukabumi, senantiasa disalurkan kembali kepada warga masyarakat yang berhak menerimanya. Diantaranya melalui program Bapermah (Bantuan Perbaikan Rumah), Bamus (Bantuan Modal Usaha), Tumaritis (Tunjangan Masyarakat Kritis), Batama (Bantuan Kesehatan Ulama), Bagus (Bantuan untuk Guru MD dan Ustadz), serta bantuan paket Sembako (Sembilan Bahan Pokok) kepada warga masyarakat masikin, bantuan kepada mualaf dan ibnu sabil, bantuan sarana dan prasarana keagamaan masjid, majelis taklim, madrasah dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).