SUKABUMI PET SHOW KEMBALI DIGELAR OLEH DKP3 KOTA SUKABUMI

Reporter : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sukabumi Pet Show Kontes Hewan Kesayangan, kembali digelar oleh DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 29 April 2018, di Gedung Widaria Kencana, Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Ir. Hj. Kardina Karsoedi, M.T. ini, diikuti oleh 200 peserta lebih, serta diisi berbagai jenis lomba. Dengan demikian, kegiatan tersebut lebih meriah apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Acara tersebut dihadiri oleh jajaran Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, SAR (Sahabat Anti Rabies), berbagai Komunitas Pencinta Hewan Kota Sukabumi, serta para tamu undangan lainnya dan para pengunjung.

Dalam sambutannya, Kepala DKP3 Kota Sukabumi menjelaskan,  maksud dan tujuan dilaksanakannya Sukabumi Pet Show ini, selain dalam rangka memeriahkan Peringatan Ke 104 Tahun Hari Jadi Kota Sukabumi, juga sebagai salah satu sarana edukasi bagi warga masyarakat tentang kesehatan hewan peliharaan. Dijelaskan pula, kegiatan Sukabumi Pet Show ini memperlombakan Kontes Hewan Kesayangan Kucing diikuti oleh 58 peserta, Kontes Anjing diikuti oleh 9 peserta, dan Kontes Ayam Ketawa 33 peserta. Selanjutnya Lomba Mewarnai Tingkat PAUD dan TK diikuti oleh 42 peserta, Lomba Menggambar Tingkat SD diikuti 95 peserta, dan Lomba Foto Hewan Kesayangan diikuti oleh 32 peserta, serta diisi kegiatan bazaar yang diikuti oleh 30 peserta, pembagian doorprize dan pertujukkan seni tari.

Lebih jauh Kepala DKP3 Kota Sukabumi menjelaskan, selain diisi berbagai jenis lomba, kegiatan Sukabumi Pet Show ini juga diisi kegiatan sosiaiisasi perawatan hewan kesayangan, yang disampaikan oleh Komunitas Hewan Kesayangan, diantaranya Socomo, Peribumi, Rescue, Sukabumi Cat Lovers, serta Pencinta Ayam yang tergabung dalam komunitas APAH dan Paksi. Kemudian Musang Lovers Sukabumi, Sukabumi Love Hamster, Sukabumi Dog Lovers, Sukabumi Rabbit Club dan komunitas Cupang Sukabumi. Dikatakannya, para komunitas tersebut memberikan edukasi kepada warga masyarakat, melalui eksibisi hewan kesayangan. Selain itu, sosiaiisasi tersebut juga dilakukan oleh SAR kepada para pengunjung, tentang pencegahan dan penanganan gigitan hewan terinfeksi rabies.

Pada akhir acara tersebut, diserahkan Trofi Wali Kota Sukabumi dan Kepala DKP3 Kota Sukabumi, serta Piagam Penghargaan kepada para juara lomba. Diantaranya kepada Chilo yang menjuarai Kontes Kesehatan Anjing dan Moca yang menjuarai Lomba Foto Hewan Kesayangan, serta kepada para juara lomba mewarnai dan menggambar, salah satunya SDN CBM Cipanengah yang menjuarai Lomba Menggambar.