SANGGAR SENI DAN TARI CATRIK PALAGAN KOTA SUKABUMI IKUT MEMERIAHKAN HTS TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sanggar Seni dan Tari Catrik Palagan Kota Sukabumi, ikut memeriahkan HTS (Hari Tari Sedunia) Tahun 2018, yang dilaksanakan di Kota Bandung, tepatnya tanggal 29 April 2018, dengan menampilkan sebanyak 30 Penari. Seperti dijelaskan Pendiri sekaligus Pimpinan Sanggar Seni dan Tari Catrik Palagan Kota Sukabumi juga sebagai Sekpri (Sekretaris Pribadi) Wali Kota Sukabumi, Ki Domon, keikutsertaan Sanggar Seni dan Tari Catrik Palagan Kota Sukabumi dalam memeriahkan HTS ini, untuk memenuhi undangan dari Panitia HTS Tahun 2018 Tingkat Provinsi Jawa Barat, agar Sanggar Seni dan Tari Catrik Palagan Kota Sukabumi ikut memeriahkan HTS.

Dijelaskan pula, HTS merupakan hari besar bagi para pecinta seni tari di dunia, yang diperingati pada setiap tanggal 29 April. Selain itu juga dijelaskan, sebagai salah satu sanggar seni dan tari yang eksis di Kota Sukabumi, Sanggar Seni dan Tari Catrik Palagan Kota Sukabumi senantiasa menghadiri dan mengikuti HTS setiap tahun. Lebih jauh Pendiri sekaligus Pimpinan Sanggar Seni dan Tari Catrik Palagan Kota Sukabumi menjelaskan, ke 30 Penari yang ikut memeriahkan HTS ini, diikut-sertakan dalam helaran atau arak-arakan seni budaya. Sedangkan untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan helaran ini, Sanggar Seni dan Tari Catrik Palagan Kota Sukabumi sejak sebelumnya sudah melakukan persiapan yang matang, dengan melakukan latihan sebanyak dua kali dalam satu minggu, supaya dapat tampil maksimal.

Pendiri sekaligus Pimpinan Sanggar Seni dan Tari Catrik Palagan Kota Sukabumi mengatakan, seni tari menjadi salah satu seni warisan budaya yang memiliki nilai luhur. Untuk itu, keberadaannya harus terus dijaga dan dilestarikan, sekaligus ditingkatkan dan dikembangkan, supaya dapat tetap eksis. Adapun salah satu cara dan upaya untuk menjaga dan melestarikan seni tari ini, diantaranya dengan mengenalkan seni tari kepada para generasi muda sejak dini, sebagai mata rantai generasi penerus, untuk senantiasa menjaga dan melestarikan seni budaya sendiri.

Dikatakan pula, pelaksanaan Peringatan HTS ini, sangat positif dan besar manfaatnya bagi generasi muda. Karena dapat menambah pengetahuan, wawasan dan pengalaman, untuk ditularkan kembali kepada yang lainnya. Dengan demikian, keberadaan seni budaya kearifan lokal ini dapat tetap dijaga dan dilestarikan, serta tidak terkikis oleh budaya luar. Pendiri sekaligus Pimpinan Sanggar Seni dan Tari Catrik Palagan Kota Sukabumi juga mengharapkan, dengan dilaksanakannya Peringatan HTS ini, dapat menumbuhkan potensi dan bibit generasi muda, yang mampu menjaga dan melestarikan seni budaya, khususnya seni tari.