DINAS SOSIAL KOTA SUKABUMI BERHASIL MENGAMANKAN 25 ODGJ

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Dinas Sosial Kota Sukabumi, pada Triwulan Pertama Tahun 2018 berhasil mengamankan 25 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), yang berkeliaran di wilayah Kota Sukabumi. Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial Dinas Sosial Kota Sukabumi, Drs. Aang Zaenudin, M.Pd. menjelaskan, ODGJ tersebut mayoritas berasal dari luar Kota Sukabumi. Dijelaskan pula, apabila diketahui identitas dan asal alamatnya, ODGJ tersebut dikembalikan kepada keluarganya. Namun apabila tidak diketahui identitas dan asal alamatnya, ODGJ tersebut dikirim ke Panti Welas Asih Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.

Dikatakannya, dalam mengamankan ODGJ tersebut, Dinas Sosial Kota Sukabumi tidak melakukan penjangkauan atau razia, karena sudah melakukan kerja sama dengan Polres Sukabumi Kota dan Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi. Dengan demikian, ODGJ tersebut dikirim dari Polsek-Polsek di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota atau dari Satpol PP Kota Sukabumi ke Dinas Sosial Kota Sukabumi, untuk dikembalikan kepada keluarganya atau dikirim ke Panti Welas Asih.

Selain itu juga dikatakan, apabila ada ODGJ yang dikirim dari Polsek-Polsek atau dari Satpol PP dalam keadaan sakit, Dinas Sosial akan membawanya ke Rumah Sakit, menggunakan Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah) Kota Sukabumi. Dikatakan pula, setelah ODGJ tersebut dinyatakan sehat, pihak Rumah Sakit akan mengembalikannya ke Dinas Sosial, untuk dikembalikan kepada keluarganya atau dikirim ke Panti.

Lebih jauh Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial Dinas Sosial Kota Sukabumi mengatakan, untuk mengantisipasi penuhnya Panti Welas Asih Palabuhanratu oleh ODGJ, Dinas Sosial Kota Sukabumi melakukan kerja sama dengan Panti yang ada di Bogor, dan saat ini sedang berupaya melakukan kerja saha dengan Panti yang ada di Tasikmalaya.

Disamping itu juga dikatakan, dilakukannya upaya pengamanan terhadap ODGJ tersebut, untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak, baik kepada warga masyarakat maupun kepada ODGJ-nya sendiri. Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial Dinas Sosial Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, apabila mengetahui ada ODGJ yang berkeliaran di wilayah Kota Sukabumi, agar segera dilaporkan ke Polsek terdekat atau ke Satpol PP, untuk segera diamankan dan diserahkan ke Dinas Sosial Kota Sukabumi, guna dikembalikan kepada keluarganya atau dikirim ke Panti.