PERAN SAT POL PP DAN LINMAS SAAT INI SEMAKIN STRATEGIS

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., peran Sat Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) dan Linmas (Perlindungan Masyarakat), saat ini semakin strategis, dengan dimasukkannya urusan ketenteraman, ketertiban umurn dan Linmas dalam urusan pemerintahan wajib, yang berkaitan dengan pelayanan dasar, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerlntahan Daerah. Bahkan apabila merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah, keberadaan organisasi Sal Pol PP di Kota Sukabumi, saat ini statusnya dinaikkan dan dipimpin oleh Kepaia Sat Pol PP, dengan level Jabatan Eselon II B.

Dijelaskannya, eksistensi Sat Pol PP yang demikian kuat dan strategis tersebut, tentu membawa konsekuensi tersendiri bagi organisasi Sat Pol PP. Untuk itu, pola sikap dan perilaku serta kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) Sat Pol PP harus benar-benar diperhatikan, supaya dapat menjalankan tugas, kewajiban dan kewenangannya, yang secara teqas telah tertuang dalam peraturan dan perundang-undangan. Selain itu, sarana dan prasarana yang memadai, juga harus terus diupayakan, supaya kehadiran Sat Pol PP dalam memberikan pelayanan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dijelaskan pula, keberadaan Sat Pol PP merupakan salah satu potensi sumber daya aparatur yang sangat penting, khususnya dalam pernerintahan daerah. Namun demikian, semua pihak harus melihat, bahwa tugas dan fungsi Sat Pol PP sangat rentan dengan gesekan kepentingan dan konflik, karena pola kerjanya harus selalu berhubungan langsung dengan masyarakat. Dalam konteks tersebut, kompetensi dan latar belakang keilmuan yang relevan, menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh seluruh aparatur di lingkungan Sat Pol PP. Sebab tidak mungkin wibawa pemerintah daerah akan terbangun dengan baik, apabila aparatur penegak regulasinya tidak memiliki kompetensi yang baik.

Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh Anggota Sat Pol PP Kota Sukabumi, harus senantiasa diikutsertakan dalam Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) secara berkesinambungan. Maksud dan tujuannya, supaya seluruh Anggota Sat Pol PP Kota Sukabumi memiliki kompetensi dan latar belakang keilmuan yang relevan, serta dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan akuntabilitas dan kinerja, khususnya dalam pembangunan masyarakat Kota Sukabumi. Disamping itu, juga pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik dan profesional, dapat diwujudkan dan ditingkatkan secara optimal.