BANGUNAN KIOS SENTRA KULINER TAMAN CIKONDANG KOTA SUKABUMI SUDAH DIRESMIKAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Bangunan Kios Sentra Kuliner Taman Cikondang Kota Sukabumi, sudah diresmikan oleh Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., tepatnya tanggal 2 Mei 2018, didampingi Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP., Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Esih Setiasih Muraz, S.E., PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi, Ir. H. Rudi Djuansyah, dan Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si.

Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Pengelolaan Bangunan Kios Sentra Kuliner di Taman Cikondang Kota Sukabumi ini, tetap ditangani dan diawasi oleh DLH Kota Sukabumi, serta para pedagang yang berjualan di depan Taman Cikondang ini, bisa menempati dan mengisi kios yang ada di taman ini. Sebab maksud dan tujuan dibangunnya Kios Sentra Kuliner di Taman Cikondang ini, selain sebagai salah satu upaya dan wujud nyata perhatian serta kepedulian Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam memfasilitasi para pedagang di sekitar Taman Cikondang, juga untuk menata dan membenahi Wisata Kuliner di Taman Cikondang.

Selain itu, Wali Kota Sukabumi meminta kepada DLH Kota Sukabumi dan para pedagang serta kepada segenap lapisan warga masyarakat yang ada di sekitar Taman Cikondang, agar senantiasa berupaya optimal menjaga keamanan, kenyamanan, kebersihan dan keindahan lingkungan di sekitar Taman Cikondang, supaya keberadaannya tetap aman, nyaman, bersih dan indah.

Dikatakannya, kuliner merupakan salah satu andalan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kota Sukabumi. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi beserta instansi dan lembaga terkait, akan senantiasa berkomitmen dan berupaya optimal memperhatikan UMKM di Kota Sukabumi, bukan hanya yang bergerak dalam bidang kuliner saja, akan tetapi juga yang bergerak dalam bidang kerajinan dan yang lainnya.

Walikota Sukabumi mengharapkan, dengan banyaknya kuliner di Kota Sukabumi, dapat mendongkrak perekonomian warga masyarakat Kota Sukabumi, serta dapat menunjang terhadap pencapaian Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa.

Dalam pada itu, Kepala DLH Kota Sukabumi menjelaskan, Pembangunan Kios Sentra Kuliner di Taman Cikondang Kota Sukabumi ini, hanya memerlukan waktu 2 bulan lebih, terhitung sejak dilaksanakannya peletakan batu pertama, tanggal 14 Februari 2018. Sedangkan jumlah kios yang dibangun di Taman Cikondang ini, seluruhnya 34 kios. Sementara biaya pembangunannya, yakni dari dana CSR Bank BJB Cabang Sukabumi sebesar Rp. 397 juta.