PROGRAM #GISA TINGKAT KOTA SUKABUMI SUDAH DICANANGKAN SECARA RESMI

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Program #GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) Tingkat Kota Sukabumi, sudah dicanangkan secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., pada Rakor (Rapat Koordinasi) Pelayanan Pencatatan Akta Kelahiran dan Dokumen Kependudukan lainnya, tepatnya tanggal 4 Mei 2018, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. beserta jajarannya, Kepala Bagian Tapem (Tata Pemerintahan) Setda Kota Sukabumi, Punjul Saepul Hayat, S.STP., M.Si., para Camat, para Kepala Seksi Pemerintahan dan Trantibum (Ketenteraman dan Ketertiban Umum) Kelurahan, dan para Ketua RW se Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi dalam sambutannya menjelaskan, Program #GISA Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) Rl ini, perlu ditindaklanjuti sampai ke sasaran secara berjenjang. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi menghimbau kepada semua pihak khususnya kepada seluruh Pelopor Tertib Adminduk (Administrasi Kependudukan) di Kota Sukabumi, agar dapat melakukan sosialisasi kepada segenap lapisan warga masyarakat, tentang pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan dengan data yang benar.

Dijelaskan pula, dalam Program #GISA ada 3 Sadar yang harus senantiasa diperhatikan oleh semua pihak. Antara lain, Pertama Sadar tentang Apa, yakni Sadar pentingnya dokumen kependudukan, Sadar pentingnya data kependudukan yang benar, Sadar pemanfaatan data kependudukan, dan Sadar melayani Adminduk menuju masyarakat yang bahagia. Kedua Sadar bagi Siapa, yakni Sadar Masyarakatnya, Sadar Petugasnya, dan Sadar Lembaga Pengguna Data, serta Ketiga Sadar semua Tingkatan, yakni Sadar Adminduk di Tingkat Desa dan Kelurahan, Sadar Adminduk di Tingkat Kecamatan, Sadar Adminduk di Tingkat Kabupaten dan Kota, Sadar Adminduk di Tingkat Provinsi, dan Sadar Adminduk di Indonesia.

Wali Kota Sukabumi menandaskan, untuk mewujudkan hal tersebut, banyak hal yang harus dilakukan oleh Pemerintah Kota Sukabumi, yang secara teknis menjadi tugas dari Disdukcapil Kota Sukabumi. Oleh karenanya, Disdukcapil Kota Sukabumi harus berperan aktif dan tidak menunggu pelayanan di kantor. Diantaranya melalui Program Si Jempol (Slap Jemput Bola) Pelayanan Adminduk, yang langsung menyentuh ke sasaran, serta melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan termasuk melaksanakan Rakor, sebagai sarana terwujudnya sinergitas antara Disdukcapil Kota Sukabumi dengan Dinas, lnstansi dan Lembaga terkait.