LPPL RSPD 93,1 FM KOTA SUKABUMI JADI PENGURUS ASOSIASI RADIO DAN TELEVISI PUBLIK LOKAL JAWA BARAT

Reporter : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Redaktur : ENDANG SUMARDI

LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) RSPD (Radio Siaran Pemerintah Daerah) 93,1 FM Kota Sukabumi, jadi Pengurus Asosiasi Radio dan Televisi Publik Lokal Jawa Barat. Adapun Susunan Pengurus selengkapnya, antara lain Dewan Pengawas terdiri dari Gubernur Jawa Barat, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Provinsi Jawa Barat, KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) Daerah Jawa Barat, serta LPPL TV Kuningan dan 100,5 FM Kuningan.

Selanjutnya Ketua Tegar Beriman 95,3 FM Kabupaten Bogor, Sekretaris erks FM Kabupaten Sumedang, dan Bendahara PAS FM Kabupaten Tasikmalaya, serta Anggota terdiri dari LPPL RSPD 93,1 FM Kota Sukabumi, RJ FM Kabupaten Cirebon, K2 FM Kabupaten Indramayu, Radika FM Kabupaten Majalengka, Pro 89 FM Suara Purwakarta, LPPL RSPD 107,3 FM Kabupaten Cianjur, dan LPPL CL (Citra Lestari) RSPD Kabupaten Sukabumi.

Terpilihnya LPPL  Tegar Beriman FM Kabupaten Bogor atau Teman 95,3 FM menjadi Ketua Asosiasi Radio dan Televisi Publik Lokal Jawa Barat ini, dilakukan secara aklamasi oleh LPPL se Jawa Barat, tepatnya pada acara Sosialisasi Tata Cara dan Persyaratan Perizinan Baru serta Pembentukan Asosiasi LPPL Jawa Barat, tepatnya pada tanggal 4 Mei 2018, di Hotel Olympic Sentul Kabupaten Bogor.

Sedangkan dibentuknya Asosiasi tersebut, merupakan prakarsa dari KPI Daerah Jawa Barat, serta merupakan Asosiasi yang pertama di Indonesia. Sementara maksud dan tujuan dibentuknya Asosiasi tersebut, sebagaimana ditegaskan oleh Ketua KPI Daerah Jawa Barat, Dr. Dedeh Fardiah, M.Si., sebagai wadah Radio dan Televisi Pemerintah berbentuk LPPL se Jawa Barat, supaya dapat bersinergi dan bekerjasama, serta dapat berbagi pengalaman, pengetahuan dan wawasan, khususnya dalam penyelenggaraan penyiaran dan penyebarluasan informasi kepada publik.

Dibentuknya Asosiasi tersebut, mendapat respon positif dan apresiasi yang tinggi dari KPI Pusat, melalui Komisioner, Agung Suprio, M.Ip., seraya mengharapkan, dengan dibentuknya Asosiasi tersebut dapat membawa dunia penyiaran terutama radio, supaya dapat kembali eksis dimata waga masyarakat. Selain itu, Asosiasi tersebut merupakan wadah yang terbentuk dari rasa senasib dan sepenanggungan, sehingga ke depannya dapat tampil secara optimal, serta dapat menjawab berbagai tantangan LPPL. Diharapkannya, pembentukan Asosiasi yang pertama di Indonesia ini, bisa dicontoh dan diikuti oleh provinsi-provinsi lainnya di Indonesia.