SATGAS PANGAN POLRES SUKABUMI KOTA MELAKUKAN SIDAK PENGECEKAN HARGA KEBUTUHAN POKOK

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Menjelang Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah, Satgas (Satuan Petugas) Pangan Polres Sukabumi Kota beserta Kodim 0607 Kota Sukabumi, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi, serta Perum Bulog (Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik) Sub Divre (Divisi Regional) II Cianjur, melakukan Sidak (Inspeksi Mendadak) pengecekan harga kebutuhan pokok warga masyarakat, diantaranya ke Pasar Gudang dan Toserba Ramayana, Jalan Tipar Gede Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 3 Mei 2018.

Wakapolres Sukabumi Kota, Kompol Imam Rachman, S.IK. menjelaskan, berdasarkan hasil pengecekan di lapangan, harga kebutuhan pokok warga masyarakat khususnya beras, daging sapi, daging ayam dan telur ayam masih terbilang normal. Disamping itu, stok kebutuhan pokok warga masyarakat pun diperkirakan masih aman untuk satu bulan ke depan. Namun demikian, Satgas Pangan Polres Sukabumi Kota beserta instansi dan lembaga terkait akan melakukan Sidak kembali, untuk mengetahui perkembangan harga kebutuhan pokok warga masyarakat lanjutan, tepatnya pada saat mendekati Bulan Suci Ramadhan dan pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Dijelaskan pula, selain melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok warga masyarakat, para petugas juga mengambil sample sejumlah makanan, diantaranya mie aci dan kikil sapi, untuk dilakukan pemeriksaan oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Disamping itu juga dijelaskan, dalam Sidak tersebut tidak ditemukan ada makanan yang kadaluarsa dan gudang penimbunan.

Sementara Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M. menjelaskan, harga barang-barang pokok dan barang-barang penting strategis lainnya, di Kota Sukabumi hingga saat ini masil relatif stabil, serta fluktuasi harganya pun masih dalam batas kewajaran. Selain itu, stok barang-barang kebutuhan pokok dan barang-barang penting strategis lainnya, di Kota Sukabumi cukup tersedia, serta penyaluran dan pendistribusian barang-barang tersebut dalam kondisi aman dan lancar.

Dalam pada itu, Kepala Seksi Kesehatan Masarakat Veteriner Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Sukabumi, drh. Riki Barata, M.P. menjelaskan, pada setiap menjelang hari raya keagamaan, biasanya harga kebutuhan pokok warga masyarakat cenderung meningkat. Namun hingga saat ini, harga kebutuhan tersebut masih terbilang stabil. Demikian pula harga daging sapi masih terbilang normal, serta tidak ditemukan ada daging sapi yang terindikasi permasalahan, baik dari segi kualitas maupun dari segi kelayakannya, termasuk daging frozen yang didatangkan dari Bekasi.