WALI KOTA SUKABUMI MENGUKUHKAN PENJABAT SEKDA KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., mengukuhkan PLT (Pelaksana Tugas) Sekda (Sekretaris Daerah) Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., menjadi Penjabat Sekda Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 7 Mei 2018, di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi. Hadir pada kesempatan tersebut, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi vertikal, para Camat dan Lurah, Jajaran Pengurus DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kota Sukabumi, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi menjelaskan, dikukuhkannya PLT Sekda Kota Sukabumi menjadi Penjabat Sekda Kota Sukabumi ini, menindaklanjuti terbitnya Peraturan Presiden RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekda. Sedangkan ditetapkannya PLT Sekda Kota Sukabumi dan dikukuhkannya Penjabat Sekda Kota Sukabumi ini, untuk mengisi kekosongan, karena pejabat Sekda Kota Sukabumi sebelumnya mengundurkan diri sejak awal bulan Desember 2017 yang lalu, sebab mengikuti Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018.

Wali Kota Sukabumi menandaskan, Penjabat Sekda Kota Sukabumi akan menjalankan tugas yang cukup berat. Sebab Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Masa Bhakti Tahun 2013-2018 akan purna bhakti pada bulan Mei 2018 ini. Dengan demikian, Penjabat Sekda Kota Sukabumi ini harus menjalankan tiga fungsi sekaligus. Diantaranya harus bersikap dan bertindak sebagai administrator yang menjadi kewenangan Sekda, harus menjadi pembina dan pengawas SDM (Sumber Daya Manusia) yang merupakan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Wakil Wali Kota, serta harus pengambil kebijakan dan keputusan strategis yang selama ini dilakukan oleh Wali Kota.

Ditandaskan pula, selain harus menjalankan ketiga fungsi tersebut, Penjabat Sekda Kota Sukabumi juga harus bisa menjaga kondusifitas wilayah Kota Sukabumi dalam pelaksanaan Pilkada Tahun 2018, serta harus mampu menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, yakni dengan lembaga horizontal dan vertikal. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi mengharapkan, agar Penjabat Sekda Kota Sukabumi ini, dapat menjalankan tugas dengan baik dan optimal.

Dalam pada itu, Penjabat Sekda Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., mengatakan akan berupaya optimal dan melakukan yang terbaik bagi Kota Sukabumi, termasuk menyukseskan Pilkada Tahun 2018. Dijelaskannya, banyak PR yang harus dilaksanakan dan diselesaikan, terutama pada saat menjelang pelaksanaan Pilkada Tahun 2018, karena pelaksanaan Pilkada tersebut harus sukses, serta aman, tenteram dan damai. Selain itu, Penjabat Sekda Kota Sukabumi juga mengucapkan terima kasih dan bersyukur, sebab dipercaya menjadi Penjabat Sekda Kota Sukabumi.