KPA KOTA SUKABUMI AKAN MELAKUKAN SOSIALISASI BAHAYA HIV-AIDS KEPADA 15 RIBU PELAJAR DAN MAHASISWA

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kota Sukabumi, dalam tahun 2018 ini akan melakukan sosialisasi bahaya HIV-AIDS kepada 15 ribu pelajar dan mahasiswa di Kota Sukabumi. Karena seperti diungkapkan Seketaris KPA Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M., kasus HIV-AIDS di Kota Sukabumi, hingga bulan Februari 2018 mengalami peningkatan yang cukup signifikan, apabila dibandingkan dengan bulan Februari 2017 yang lalu.

Berdasarkan data yang ada, sampai dengan bulan Februari 2018 ditemukan sebanyak 25 kasus penderita HIV-AIDS, atau mengalami peningkatan sebanyak 10 kasus dari bulan Februari 2017 yang lalu. Karena sampai dengan bulan Februari 2017, hanya ditemukan sebanyak 15 kasus penderita HIV-AIDS. Dijelaskannya, kasus penderita HIV-AIDS yang ditemukan hingga bulan Februari 2018, paling banyak dari kalangan LSL (Laki-Laki Sex Laki-Laki) dan Heterosek.

Berkaitan dengan hal tersebut, diperlukan adanya pembekalan dan pemahaman melalui sosialisasi secara rutin tentang bahaya HIV-AIDS kepada warga masyarakat, termasuk kepada para pelajar dan mahasiswa, untuk menanggulangi dan menekan angka kasus penderita HIV-AIDS di Kota Sukabumi.

Sedangkan kepada para pelajar dan mahasiswa, sosialisasi tersebut akan dilakukan setelah penerimaan peserta didik baru dan mahasiswa baru. Maksud dan tujuannya, supaya para pelajar dan mahasiswa mengetahui dan memahami tentang bahaya HIV-AIDS, serta dapat disampaikan kembali kepada warga masyarakat termasuk kepada keluarga dan para kerabatnya.

Diharapkannya, kegiatan tersebut dapat menjadi jembatan untuk menekan dan menurunkan kasus HIV-AIDS di Kota Sukabumi. Sebab kasus HIV-AIDS di Kota Sukabumi terus meningkat, yakni sejak tahun 2000 sampai dengan tahun 2018, totalnya sudah mencapai 1.277 kasus.

Seketaris KPA Kota Sukabumi mengatakan, target sosialisasi bahaya HIV-AIDS dalam tahun 2018 kepada 15 ribu pelajar dan mahasiswa ini dapat dicapai. Karena target sosialisasi bahaya HIV-AIDS pada tahun 2017 yang lalu kepada 12 ribu pelajar dan mahasiswa, dalam pelaksanaan bisa melebihi target, yakni mencapai 14 ribu pelajar  dan mahasiswa.

Disamping itu, KPA Kota Sukabumi juga sudah bekerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan, baik sekolah maupun perguruan tinggi yang ada di Kota Sukabumi, serta banyak lembaga pendidikan yang sudah meminta ke KPA Kota Sukabumi, untuk melakukan sosialisasi tentang bahaya HIV-AIDS di sekolah dan di kampusnya.