SEBANYAK 435 ORANG TUKANG BECAK DAN KUSIR DELMAN MENDAPAT UANG KADEUDEUH

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Menjelang Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah, sebanyak 435 orang Tukang Becak dan Kusir Delman yang terdiri dari 360 orang Tukang Becak dan 75 orang Kusir Delman yang beroperasi di wilayah Kota Sukabumi, mendapat Uang Kadeudeuh dari Pemerintah Kota Sukabumi sebesar Rp. 52 juta, atau masing-masing Tukang Becak dan Kusir Delman sebesar Rp. 115 ribu, melalui rekening koordinatornya masing-masing.

Uang Kadeudeuh yang berasal dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018 ini, diserahkan langsung oleh Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M., serta Kepala Bagian Administrasi Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setda Kota Sukabumi, Dr. H. Dede Nurdin, S.IP., M.Ag., tepatnya tanggal 7 Mei 2018, di Ruangan Pertemuan Setda Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi mengharapkan, dengan diberikannya Uang Kadeudeuh ini, para Abang Becak dan Kusir Delman dapat menyambut Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah dengan kebahagiaan, serta dapat menyiapkan santapan khusus pada awal Bulan Suci Ramadhan. Ditandaskannya, Pemerntah Kota Sukabumi tidak memandang bulu domisili para Abang Becak dan Kusir Delman, yang penting beroperasi di wilayah Kota Sukabumi. Ditandaskan pula, berdasarkan identitasnya, ke 435 orang Tukang Becak dan Kusir Delman ini, berasal dari Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur dan Bogor. Namun kendati demikian, selama para Abang Becak dan Kusir Delman ini mencari nafkah dan melayani warga masyarakat di Kota Sukabumi, sudah sepantasnya mendapat perhatian dan kepedulian dari Pemerntah Kota Sukabumi.

Selanjutnya Wali Kota Sukabumi berpesan kepada para Abang Becak dan Kusir Delman, agar senantiasa berupaya optimal menjaga kebersihan dan keindahan Kota Sukabumi. Selain itu, juga agar senantiasa menjaga kebugaran dan kesehatan, supaya dalam melaksanakan pekerjaannya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sebab pekerjaan para Abang Becak dan Kusir Delman ini, sangat bergantung pada kebugaran dan kesehatan.

Dalam pada itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi menjelaskan, pemberian Uang Kadeudeuh kepada para Tukang Becak dan Kusir Delman dari Pemerintah Kota Sukabumi ini, diserahkan secara rutin setiap tahun, tepatnya pada setiap menjelang Bulan Suci Ramadhan dan pada setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dijelaskan pula, jumlah penerima Uang Kadeudeuh ini, dalam setiap tahunnya senantiasa mengalami penambahan.

Disamping itu juga dijelaskan, pemberian Uang Kadeudeuh ini merupakan bagian dari pembinaan dan salah satu wujud nyata kepedulian Pemerintah Kota Sukabumi kepada MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), khususnya para Abang Becak dan Kusir Delman, yang pada setiap harinya beroperasi di wilayah Kota Sukabumi. Selain itu juga dijelaskan, para Abang Becak dan Kusir Delman ini, sudah memberikan kontribusi secara positif kepada pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, diantaranya dengan ikut serta menjaga kondusifitas wilayah Kota Sukabumi.