DINAS PERHUBUNGAN AKAN MENINDAK TEGAS KENDARAAN YANG DIPARKIR DI SEMBARANG TEMPAT

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, akan menindak tegas setiap kendaraan roda empat yang diparkir di sembarang tempat di Kota Sukabumi. Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD. menandaskan, selain menegur para pengemudi kendaraan tersebut, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi juga akan menderek secara paksa terhadap setiap kendaraan roda empat yang diparkir di sembarang tempat di Kota Sukabumi, seperti yang dilakukan di Provinsi DKI Jakarta.

Dikatakannya, untuk memberlakukan hal tersebut, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi beserta unsur instansi dan lembaga terkait, saat ini sedang melakukan pengkajian, untuk selanjutnya dijadikan bahan regulasi. Karena untuk memberlakukan hal tersebut, dibutuhkan regulasi yang kuat, serta harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Apalagi hingga saat ini, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi belum memiliki mobil derek khusus yang layak dan memadai.

Untuk itu, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi akan segera mengajukannya kepada Pemerintah Kota Sukabumi, supaya Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dapat segera memiliki mobil derek khusus yang layak dan memadai. Dikatakan pula, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi pernah mencoba menggunakan mobil derek yang ada, yakni menderek mobil yang diparkir di sembarang tempat di Kota Sukabumi, tapi mobil dereknya langsung rusak, karena usianya sudah tua dan sudah tidak layak.

Menyinggung rencana pemberlakukan penderekan terhadap setiap kendaraan roda empat yang diparkir di sembarang tempat di Kota Sukabumi, menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi akan diberlakukan pada tahun 2019 mendatang, setelah ada regulasi yang kuat serta memiliki sarana dan prasana yang layak dan memadai. Selain itu juga dikatakan, terjadinya pelanggaran parkir liar di sembarang tempat di Kota Sukabumi ini, karena lahan parkir yang ada di Kota Sukabumi tidak mencukupi. Namun demikian, hal tersebut tidak menjadi alasan bagi setiap kendaraan roda empat yang diparkir di sembarang tempat di Kota Sukabumi. Sebab Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, sudah menyediakan lahan parkir di berbagi titik di Kota Sukabumi. Lebih jauh dikatakan, Dinas Perhubungan Kota Sukabum akan senantiasa berupaya optimal membangun gedung parkir, tepatnya di City Mall Sukabumi.

Disamping itu juga dikatakan, dalam melakukan penertiban terhadap setiap kendaraan roda empat yang diparkir di sembarang tempat di Kota Sukabumi, dilakukan tindakan secara persuasif, sebagai salah satu upaya untuk menyadarkan dan edukasi kepada para pengemudi kendaraan tersebut, supaya mengerti dan paham serta tidak memakirkan lagi kendaraannya di sembarang tempat. Namun apabila hal tersebut masih dilakukan, Dinas Perhubungan Kota Sukabum akan berkordinasi dengan Satlanlas (Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota, untuk menilang kendaraan tersebut.