STOK BARANG-BARANG KEBUTUHAN POKOK DI KOTA SUKABUMI CUKUP TERSEDIA

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M. menandaskan, menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah, stok barang-barang kebutuhan pokok dan barang-barang penting strategis lainnya, di Kota Sukabumi cukup tersedia, serta penyaluran dan pendistribusian barang-barang tersebut dalam kondisi aman dan lancar. Selain itu, harga barang-barang tersebut, di Kota Sukabumi relatif stabil, serta fluktuasi harganya pun masih dalam batas kewajaran.

Ditandaskan pula, pihaknya terus melakukan koordinasi secara intensif dengan berbagai instansi dan lembaga terkait, khususnya dengan Perum Bulog (Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik) Sub Divre (Divisi Regional) II Cianjur, untuk mengantisipasi melonjaknya permintaan barang-barang kebutuhan pokok dan barang-barang penting strategis lainnya, terutama pada saat menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Untuk itu, Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi dan sekitarnya, agar tidak merasa hawatir terhadap stok barang-barang kebutuhan pokok dan barang-barang penting strategis lainnya di Kota Sukabumi, karena cukup tersedia dan harganya pun relatif stabil, serta penyaluran dan pendistribusiannya pun dalam kondisi aman dan lancar. Hal tersebut dapat dicapai, karena pihaknya senantiasa melakukan koordinasi setiap hari dengan Kemendag (Kementerian Perdagangan) RI dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, termasuk dengan Perum Bulog Sub Divre II Cianjur.

Disamping itu juga ditandaskan, pihaknya akan senantiasa berupaya optimal melaksanakan tugas, bekerjasama dengan seluruh instansi dan lembaga terkait. Adapun maksud dan tujuannya, supaya segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi dan sekitarnya mendapat barang-barang kebutuhan pokok dan barang-barang penting strategis lainnya yang berkualitas dengan harga terjangkau. Sebab upaya dalam menjaga stok dan mengendalikan harga barang-barang tersebut, merupakan tugas bersama semua pihak.

Lebih lanjut Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi menandaskan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, untuk melakukan pengawasan. Sebab hingga saat ini, yang berhak dan memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan, yakni Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Karena Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki Tim Khusus untuk melakukan pengawasan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.