GUBERNUR JAWA BARAT MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH PENJABAT WALI KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si., secara resmi melantik dan mengambil sumpah Kepala Biro Yanbangsos (Pelayanan dan Pengembangan Sosial) Setda (Sekretariat Daerah) Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., sebagai Penjabat Wali Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 13 Mei 2018, di Gedung Sate Bandung. serta sesuai dengan Keputusan Mendagri (Menteri Dalam Negeri) RI. Pelantikan dan pengambilan sumpah Penjabat Wali Kota Sukabumi tersebut, dihadiri oleh Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, serta Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi dan Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kota Sukabumi, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Barat menjelaskan, dilaksanakannya pelantikan dan pengambilan sumpah Kepala Biro Yanbangsos Setda Provinsi Jawa Barat sebagai Penjabat Wali Kota Sukabumi ini, untuk mengisi kekosongan jabatan Wali Kota Sukabumi. Karena Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Periode Tahun 2013-2018, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. dan H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., masa jabatannya berakhir pada tanggal 13 Mei 2018. Selain itu juga dijelaskan, pelantikan dan pengambilan sumpah Penjabat Wali Kota Sukabumi ini, sesuai dengan pasal 201 ayat 10 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati  dan Wali Kota menjadi Undang-Undang mengamanatkan, bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati atau Wali Kota, diangkat Penjabat Bupati atau Wali Kota yang berasal dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Selanjutnya Gubernur Jawa Barat  meminta kepada Penjabat Wali Kota Sukabumi, agar dapat menjamin kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan di Kota Sukabumi, serta dapat melaksanakan tugas dan kewenangan sebagai Penjabat Wali Kota Sukabumi, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Disamping itu, juga dapat mengawal tahapan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018, baik Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat maupun Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, supaya dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta aman dan tertib. Dikatakannya, Penjabat Wali Kota Sukabumi ini. bertugas sampai ada Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang baru.