DKP3 KOTA SUKABUMI MELAKUKAN PEMANTAUAN TERHADAP KOMODITAS PAH

Reporter : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Redaktur : ENDANG SUMARDI

DKP3 (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan) Kota Sukabumi bersama Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, Dinas Pol PP (Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, serta Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, melakukan pemantauan terhadap komoditas PAH (Pangan Asal Hewan), ke pasar tradisional dan pasar modern di Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 14 Mei 2018.

Pemantauan tersebut dilakukan di 61 titik di Pasar Penampungan Pelita dan Pasar Gudang, serta di beberapa pasar modern seperti Ramayana, Yogya, Giant dan Superindo, dipimpin oleh Sekretaris DKP3 Kota Sukabumi, drh. Ate Rahmat, M.Si. Sedangkan Tim Pemantau dibagi 2 tim, untuk mengumpulkan 25 sampel daging  ayam dan 10 sampel daging sapi. Adapun sampel daging tersebut dilakukan pemeriksaan dan pengujian, untuk mengetahui apakah aman dari pencemaran mikroba dan residu antibiotik atau tidak. Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan secara langsung, dengan melihat warna daging, bau dan kekenyalan, termasuk kantong kemasan dan supplier daging di setiap pedagang.

Seperti dijelaskan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Sukabumi, Sunaryo, S.Pt., M.P., maksud dan tujuan dilaksanakannya pemantauan tersebut, diantaranya untuk mengantisipasi adanya komoditas PAH yang tidak aman dikonsumsi oleh warga masyarakat. Karena menjelang hari besar keagaaman seperti Bulan Ramadhan, merupakan masa rawan serta sering dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, khususnya dalam hal keamanan komoditas PAH. Dijelaskan pula, selain melakukan pemantauan, juga melakukan pembinaan kepada para pedagang pasar tradisional dan pasar modern, tentang sertifikasi NKV (Nomor Kontrol Veteriner), yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha komoditas PAH, sebagai jaminan, bahwa produk yang diolah dan dijual telah memenuhi persyaratan keamanan, serta kesehatan dan keutuhan.

Selain itu juga dijelaskan, hingga saat ini di Kota Sukabumi baru ada 5 pelaku usaha yang memiliki sertifikasi NKV, yakni Yogya Department Store, 2 Supermarket Superindo, RPH (Rumah Potong Hewan) DKP3 Kota Sukabumi, dan RPU (Rumah Potong Unggas) di Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Lebih lanjut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Sukabumi menjelaskan, dari hasil pemantauan ke pasar tradisional dan pasar modern di Kota Sukabumi, tidak ditemukan ada komoditas PAH yang menyimpang, serta semuanya layak dikonsumsi oleh warga masyarakat.