PEMERINTAH KOTA SUKABUMI SUDAH MELAKSANAKAN SOSIALISASI INTENSIFIKASI PKB SEKALIGUS MERESMIKAN SAMADES

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi melalui BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi, sudah melaksanakan sosialisasi intensifikasi PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), sekaligus meresmikan Samades (Samsat Masuk Desa) dan Kelurahan, yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris BPKD Kota Sukabumi, Yayat Hidayat, S.E., M.S.E., tepatnya tanggal 9 Mei 2018, di Ball Room Hotel Maxone Kota Sukabami.

Adapun yang bertindak sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut, yakni Kepala Bidang Perencanaan dan Pembinaan Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Propinsi Jawa Barat tentang Layanan PKB di Jawa Barat, Unsur Bank BJB tentang Layanan Bank BJB khususnya yang berkaitan dengan Penerimaan PKB, Unsur Kepolisian tentang Peranan Kepolisian dalam Pelayanan PKB, dan dari PT Jasa Raharja Perwakilan Sukabumi tentang Peranan PT Jasa Raharja dalam Pelayanan PKB.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris BPKD Kota Sukabumi, Yayat Hidayat, S.E., M.S.E. menjelaskan, anggaran dari bagi hasil PKB ini tidak bisa digunakan sembarangan atau dipos-poskan ke kegiatan lain. Namun demikian, hal tersebut tergantung kepada TAPD (Tim Anggaran Pendapatn Daerah). Tapi yang jelas, dana dari bagi hasil PKB ini, dikembalikan lagi kepada warga masyarakat dalam bentuk pembangunan, seperti pembangunan dan perbaikan jalan.

Sementara Kepala Bidang Perencanaan dan Pembinaan Bapenda Propinsi Jawa Barat, Dr. Dra. Siti Nurhuda, M.Si., mengatakan sangat mengapresiasi terhadap pencapaian PKB yang dilakukan oleh KCPPD (Kantor Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah) Propinsi Jawa Barat Wilayah Kota Sukabumi bersama BPKD Kota Sukabumi. Sebab Kota Sukabumi menjadi daerah yang selalu melebihi target dalam pembayaran PKB setiap tahun, kendati masih banyak warga masyarakat yang menunggak. Dikatakan pula. Bapenda Propinsi Jawa Barat akan senantiasa berupaya optimal mendorong dan memotivasi, agar daerah bisa memberikan pelayanan pembayaran PKB sampai ke pelosok-pelosok khususnya di Kota Sukabumi. Hal tersebut untuk menggenjot dan memotivasi daerah-daerah lainnya di Jawa Barat, khususnya yang belum memenuhi target.

Selain itu juga dikatakan, Kota Sukabumi sudah banyak melakukan upaya dan terobosan, untuk mempermudah warga masyarakat dalam melakukan pembayaran PKB, yakni bisa dilakukan di setiap kantor kelurahan masing-masing. Lebih jauh Kepala Bidang Perencanaan dan Pembinaan Bapenda Propinsi Jawa Barat mengatakan, hasil dari pembayaran PKB ini, Pemerintah Kota Sukabumi mendapat bagi hasil sebesar 30 persen dari total pendapatan, untuk dikembalikan lagi kepada warga masyarakat dalam bentuk pembangunan, seperti pembangunan fasilitas umum jalan atau jembatan dan infrastruktur lainya.