POLRES SUKABUMI KOTA MENETAPKAN STATUS SIAGA I

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Polres Sukabumi Kota menetapkan status Siaga I, tepatnya sejak tanggal 13 Mei 2018, menyusul terjadinya aksi teror di Surabaya, serta dilumpuhkannya empat orang yang diduga teroris di wilayah Kabupaten Cianjur yang mengontrak rumah di wilayah Kabupaten Sukabumi. Selain itu, Polres Sukabumi Kota juga menurunkan ratusan personil, yang ditugaskan di setiap pusat keramaian dan tempat peribadahan yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Seperti ditandaskan Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., penetapan status Siaga I dan pengamanan tersebut sangat diperlukan, apalagi saat ini muncul isu teroris di wilayah lain, serta perlu secepatnya diantisipasi, supaya wilayah hukum Polres Sukabumi Kota dapat terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak.

Dikatakannya, Polres Sukabumi Kota sudah menerjunkan sebanyak 300 orang personil, untuk melakukan pengamanan di setiap gereja yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, baik dari Polres maupun dari Polsek melaksanakan KKYD (Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan). Karena aksi kejahatan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.

Selain itu juga dikatakan, sebagai aparat penegak hukum memiliki kewajiban dalam menjaga keamanan dan kenyamanan warga masyarakat, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Polri. Dikatakan pula, untuk mengantisipasi terjadinya aksi terorisme, Polres Sukabumi Kota terus meningkatkan dan mengembangkan pengamanan bersama Kodim 0607 Kota Sukabumi.

Kapolres Sukabumi Kota menjelaskan, jajaran Polri dan TNI sudah melaksakan Apel Sinegritas, sebagai bentuk konsolidasi para komandan satuan untuk berkomitmen dan bersinergi dalam melaksanakan tugas pengamanan. Dijelaskan pula, dengan adanya kerjasama yang harmonis dengan seluruh elemen, dapat menyikapi dan menanggulangi berbagai persoalan yang terjadi dengan baik, khususnya antara Polri dan TNI, sebagai ujung tombak keamanan wilayah.

Disamping itu juga dijelaskan, dengan menjamurnya isu terorisme, Polri dan TNI siap melaksanakan tugas dengan baik dan optimal, termasuk mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat, dengan menugaskan personil di setiap titik keramaian dan tempat peribadahan, untuk menciptakan dan meningkatkan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), khususnya di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.