POLRES SUKABUMI KOTA MEMBENTUK POLISI RAMADHAN TAHUN 1439 HIJRIYAH

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Polres Sukabumi Kota membentuk Polisi Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah. Adapun maksud dan tujuannya, menurut Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., untuk menjaga dan meningkatkan keamanan, ketertiban, ketenteraman dan kenyamanan warga masyarakat khususnya umat Islam dalam menjalankan Ibadah Puasa, sekaligus sebagai salah satu upaya untuk menekan angka kriminalitas pada Bulan Suci Ramadan Tahun 1439 Hijriyah.

Sedangkan jumlah Anggota Polisi tersebut mencapai 400 orang, serta akan ditugaskan menjaga keamanan di setiap masjid yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, sekaligus membantu DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) hingga pelaksanaan Ibadah Shalat Tarawih yang dilaksanakan setiap malam selama Bulan Suci Ramadhan. Selain itu, Polres Sukabumi Kota juga melibatkan sedikitnya 50 orang Anggota Polwan (Polisi Wanita), yang akan ditugaskan di sejumlah titik keramaian, seperti pasar, pertokoan, tempat ngabuburit dan yang lainnya.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan serta keamanan, ketertiban, ketenteraman dan kenyamanan warga masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan, Kapolres Sukabumi Kota secara khusus memerintahkan kepada seluruh Anggota Polres Sukabumi Kota, agar lebih meningkatkan pengamanan dalam berbagai kegiatan warga masyarakat yang dilaksanakan selama Bulan Suci Ramadan, salah satunya dengan menjaga masjid.

Diharapkannya, dengan adanya Polisi tersebut, dapat menekan angka kriminalitas dan berbagai hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak. Disamping itu, juga dapat menjalin silaturahmi dan kerjasama yang harmonis, antara Polres Sukabumi Kota dengan warga masyarakat, sehingga dapat bersinergi dalam setiap melaksanakan kegiatan serta dalam menjaga keamanan. Diharapkan pula, warga masyarakat dapat merasakan langsung dampak positif dari dibentuknya Polisi tersebut, khususnya dalam menciptakan dan meningkatkan kondusifitas wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, yakni aman, tertib, tenteram, nyaman dan damai.

Kapolres Sukabumi Kota mengatakan, untuk menjaga kekhusyuan dan kekhidmatan serta kesucian Bulan Ramadhan, diperlukan situasi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang baik. Berkaitan dengan hal tersebut, Kapolres Sukabumi Kota menghimbau kepada seluruh aparat keamanan dan segenap lapisan warga masyarakat di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, agar senantiasa berupaya optimal menjaga dan meningkatkan kondusifitas di wilayahnya masing-masing.