DILAKSANAKANYA PASAR MURAH DAN BAZAAR RAMADHAN DI 7 KECAMATAN SE KOTA SUKABUMI

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Diskop UKM-PP (Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian) Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M. menjelaskan, dilaksanakanya Pasar Murah dan Bazaar Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah di 7 Kecamatan se Kota Sukabumi, sebagai salah satu upaya merealisasikan aspirasi warga masyarakat Kota Sukabumi, yang menghendaki agar di setiap Kecamatan di Kota Sukabumi dilaksanakan Pasar Murah dan Bazaar Ramadhan, untuk membantu sekaligus meringankan beban warga masyarakat, khususnya warga masyarakat yang kurang mampu.

Penjelasan Kepala Diskop UKM-PP Kota Sukabumi tersebut, disampaikan pada acara pembukaan Pasar Murah dan Bazaar Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah di Kecamatan Baros, hari Selasa, 22 Mei 2018, bertempat di Halaman Kantor KPRI (Koperasi Pegawai Republik Indonesia) Motekar Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, dilaksanakannya Pasar Murah dan Bazaar Ramadhan ini, karena di Kota Sukabumi masih banyak warga masyarakat yang berpenghasilan rendah, serta perlu dibantu oleh pemerintah, terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Oleh karenanya, Diskop UKM-PP Kota Sukabumi bekerja-sama dengan TP PKK dan DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kota Sukabumi, melaksanakan Pasar Murah dan Bazaar Ramadhan di 7 Kecamatan se Kota Sukabumi.

Dijelaskan pula, Pasar Murah dan Bazaar Ramadhan ini, dilaksanakan secara rutin setiap tahun, di setiap Kecamatan se Kota Sukabumi, tepatnya pada setiap Bulan Ramadhan. Maksud dan tujuannya, untuk mendukung ketersediaan bahan kebutuhan pokok warga masyarakat Kota Sukabumi, khususnya pada Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Adapun harga barang-barang yang dijual di Pasar Murah dan Bazaar Ramadhan ini sangat murah, karena para pembeli mendapat potongan harga atau diskon, sebab mendapat subsidi 30 persen dari pemerintah, yakni untuk setiap paketnya seharga Rp. 65 ribu, yang terdiri dari 3 kilogram Beras seharga Rp. 21 ribu, 1 kilogram Gula Pasir Rp. 9 ribu, 1 kilogram Tepung Terigu Rp. 5 ribu, 1 kilogram Kacang Tanah Kupas Rp. 20 ribu, dan 1 liter Minyak Goreng dalam kemasan Rp. 10 ribu. Disamping itu, juga menjual berbagai jenis minuman dan makanan siap saji khas Kota Sukabumi, makanan kering, telur asin, busana muslim dan barang-barang penting lainnya.