SEJUMLAH TRAFFIC LIGHT DI KOTA SUKABUMI USIANYA SUDAH TUA

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Kepala Seksi Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Hadi Purnomo menandaskan, sejumlah Traffic Light yang ada di beberapa titik persimpangan jalan di Kota Sukabumi usianya sudah tua. Akibatnya banyak lampu lalu lintas yang tidak berfungsi dengan baik, terutama pada saat terjadi turun hujan. Hal tersebut dapat membahayakan terhadap keselamatan para pengemudi dan para penggguna jalan lainnya, serta dapat menimbulkan terjadinya penumpukan kendaraan dan kemacetan arus lalu lintas.

Ditandaskan pula, dari data yang ada di Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, ada 6 Traffic Light yang tersebar di beberapa titik persimpangan jalan di Kota Suklabumi, sangat perlu untuk segera dilakukan peremajaan atau penggantian, sebab usianya sudah sangat tua, yakni sudah mencapai puluhan tahun.

Selain itu juga ditandaskan, pihaknya hingga saat ini belum pernah melakukan pergantian Traffic Light, kecuali hanya melakukan perawatan saja. Untuk itu, pihaknya senantiasa berupaya optimal melakukan pengecekan terhadap seluruh Traffic Light yang ada di Kota Sukabumi, serta senantiasa berupaya optimal melakukan perbaikan terhadap Traffic Light yang tidak berfungsi dengan baik.

Adapun Traffic Light yang paling parah dan paling sering tidak berfungsi dengan baik di Kota Sukabumi, yakni Traffic Light di Jalan A. Yani dan Jalan Stasiun Timur, sehingga banyak pengemudi kendaraan dan pengguna jalan lainnya yang mengeluhkan terhadap kondisi Traffic Light tersebut, karena dapat membahayakan terhadap keselamatan para pengemudi dan para penggguna jalan lainnya, serta dapat menimbulkan terjadinya penumpukan kendaraan dan kemacetan arus lalu lintas.

Kepala Seksi Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi menjelaskan, untuk mengatasi dan menangani masalah tersebut, pihaknya sudah menugaskan sejumlah tim, untuk memperbaiki Traffic Light yang tidak berfungsi di Kota Sukabumi, terutama di Jalan A. Yani dan Jalan Stasiun Timur. Sedangkan untuk Traffic Light lainnya, diperbaiki secara bertahap. Sebab keberadaan Traffic Light ini sangat penting khususnya bagi para pengemudi kendaraan dan para pengguna jalan lainnya, untuk mengatur arus lalu lintas, keselamatan lalu lintas dan menekan kemacetan arus lalu lintas.

Disamping itu, pihaknya juga senantiasa berupaya optimal mengajukan anggaran setiap tahun, untuk memperbaiki dan mengganti Traffic Light di beberapa titik persimpangan jalan di Kota Suklabumi, terutama untuk Traffic Light yang usianya sudah sangat tua atau yang sudah mencapai puluhan tahun. Diharapkannya, seluruh Traffic Light di Kota Suklabumi yang usianya sudah sangat tua, bisa secepatnya diganti dengan Traffic Light yang baru.