BAZNAS KOTA SUKABUMI MELAKSANAKAN RAPAT KETELADANAN PIMPINAN DALAM MEMBAYAR ZAKAT

Reporter : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Bertepatan dengan penyaluran zakat Presiden dan Wakil Presiden RI, Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, pada hari Kamis, 24 Mei 2018, di Ruangan Utama Balai Kota Sukabumi, melaksanakan Rapat Keteladanan Pimpinan dalam membayar zakat. Rapat Keteladanan Pimpinan ini, dihadiri oleh Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Penjabat Sekda (Sekretaris Daerah) Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Lembaga, Instansi Vertikal dan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah).

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Sekda Kota Sukabumim Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si. menjelaskan, dilaksanakannya Rapat Keteladanan Pimpinan dalam membayar zakat ini, untuk meningkatkan penerimaan zakat dari ASN (Aparatur Sipil Negara) atau PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Kota Sukabumi, yang disalurkan kepada Baznas Kota Sukabumi, diawali oleh para pimpinannya masing-masing. Untuk itu, Penjabat Sekda Kota Sukabumi, mengharapkan sekaligus menghimbau kepada setiap Pimpinan OPD, Lembaga, Instansi Vertikal dan BUMD di Kota Sukabumi, agar menjadi teladan dengan secara rutin menyalurkan ZIS (Zakat, Infak dan Shodaqoh) melalui Baznas Kota Sukabumi, karena banyak manfaatnya, salah satunya untuk membantu warga masyarakat yang tidak mampu.

Sementara Ketua Baznas Kota Sukabumi, Ir. H. Fifi Kusumajaya, M.M. dalam laporannya menjelaskan, bahwa sampai dengan saat ini di Kota Sukabumi sudah terdaftar 1.000 Muzakki atau orang yang wajib membayar zakat. Dari jumlah Muzakki tersebut, diantaranya sebanyak 209 orang sudah memiliki NPWZ (Nomor Pokok Wajib Zakat). Dijelaskan pula, Rapat Keteladanan Pimpinan ini untuk meningkatkan keteladanan Pimpinan OPD, Lembagam Instansi Vertikal dan BUMD di Kota Sukabumi dalam membayar ZIS melalui Baznas Kota Sukabumi, untuk disalurkan kembali kepada para mustahik atau orang yang berhak menerima ZIS. Diantaranya melalui program Bapermah (Bantuan Perbaikan Rumah), Bamus (Bantuan Modal Usaha), Tumaritis (Tunjangan Masyarakat Kritis), Batama (Bantuan Kesehatan Ulama), Bagus (Bantuan untuk Guru MD dan Ustadz), serta bantuan paket Sembako (Sembilan Bahan Pokok) kepada warga masyarakat maskin, bantuan kepada mualaf dan ibnu sabil, bantuan sarana dan prasarana keagamaan masjid, majelis taklim, madrasah dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), termasuk kerja sama dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan menyantuni 50 orang disabilitas.

Rapat Keteladanan Pimpinan dalam membayar zakat ini, diisi tausiyah oleh Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kota Sukabumi, Drs. K.H. Muchtar Ubaedillah. Disamping itu, juga diserahkan zakat dari Penjabat Wali Kota Sukabumi, Penjabat Sekda Kota Sukabumi dan para tamu undangan lainnya kepada Baznas Kota Sukabumi, serta diserahkan NPWZ dari Baznas Kota Sukabumi kepada Penjabat Wali Kota Sukabumi, Penjabat Sekda Kota Sukabumi dan para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi.