PEMERINTAH KOTA SUKABUMI MENDAPAT PENGHARGAAN UHC JKN-KIS AWARD TAHUN 2018

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pemerintah Kota Sukabumi mendapat Penghargaan UHC (Universal Health Coverage) JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat) Award Tahun 2018 dari Presiden RI. Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo, kepada Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., tepatnya tanggal 23 Mei 2018, di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat. Sedangkan sebelumnya, Penjabat Wali Kota Sukabumi diundang ke Istana Merdeka, untuk menghadiri rangkaian acara dan penyerahan secara simbolis Penghargaan UHC JKN-KIS Award Tahun 2018, oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

Adapun yang mendapat penghargaan tersebut, seluruhnya ada 124 Pemerintah Daerah se Indonesia, yang terdiri dari 4 Pemerintah Daerah Propinsi, 92 Pemerintah Daerah Kabupaten dan 28 Pemerintah Daerah Kota. Sedangkan Pemerintah Daerah di Propinsi Jawa Barat yang mendapat penghargaan tersebut seluruhnya ada 4 Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten, yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kota Sukabumi dan Kota Bandung.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M. menjelaskan, Kota Sukabumi mendapat Penghargaan UHC JKN-KIS Award Tahun 2018 ini, merupakan hasil usaha dan kerja keras semua pihak, khususnya semua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan instansi serta lembaga terkait. Sebab Kota Sukabumi sudah bisa melayani warga masyarakat yang menggunakeun JKN-KIS mencapai 99 persen lebih. Oleh karenanya, Penjabat Wali Kota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, sekaligus mengharapkan, agar Penghargaan UHC JKN-KIS Award ini selamanya dijaga dan dipertahankan serta ditingkatkan dan dikembangkan, supaya Kota Sukabumi bisa lebih baik lagi.

Penjabat Wali Kota Sukabumi juga mengharapkan, dengan mendapatnya penghargaan tersebut, bisa memotivasi kinerja dan tanggung jawab semua pihak terkait, khususnya dalam memberi pelayanan dan mendaftarkan seluruh penduduk Kota Sukabumi menjadi peserta JKN. Selain itu, juga dapat meningkatkan derajat kesehatan warga masarakat Kota Sukabumi ke arah yang lebih baik lagi. Selanjutnya Penjabat Wali Kota Sukabumi menjelaskan, program JKN yang dikelola oleh BPJS (Badan Panyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan ini, merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu seluruh rakyat Indonesia khususnya warga masyarakat miskin, secara gotong royong dengan cara menjadi peserta JKN.