BAZNAS KOTA SUKABUMI AKAN MENYEBARKAN 200 BUNDEL KUPON ZAKAT

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sekretaris Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Sukabumi, Drs. K.H. Muhammad Kusoy, M.Pd. menjelaskan, Baznas Kota Sukabumi akan menyebarkan 200 bundel kupon zakat kepada warga masyarakat Kota Sukabumi, melalui kecamatan dan kelurahannya masing-masing. Dijelaskan pula, apabila dibandingkan dengan tahun 2017, kupon yang disebarkan pada tahun 2018 ini lebih banyak. Karena pada tahun 2017 yang lalu hanya 150 bundel kupon saja.

Selain itu juga dijelaskan, dari ratusan bundel kupon zakat yang disebarkan ini, Baznas Kota Sukabumi menargetkan hingga Rp. 6 milyar, dan sebesar 75 persen dapat langsung dibagikan kepada warga masyarakat yang berhak menerimanya, seperti fakir miskin, yatim piatu dan yang lainnya. Sebab kelurahan dan kecamatan diberikan kewenangan untuk langsung menyalurkannya kepada warga masyarakat.

Sedangkan sebesar 25 persen disetorkan langsung kepada Baznas Kota Sukabumi, untuk disalurkan di tingkat kota. Dikatakannya, pada tahun 2017 yang lalu, dari sebanyak 150 bundel kupon yang disebarkan kepada warga masyarakat, hanya sekitar 70 bundel kupon saja yang terkumpul. Disamping itu juga dikatakan, Baznas Kota Sukabumi setiap tahun senantiasa menyebarkan kupon zakat kepada warga masyarakat. Maksud dan tujuannya, agar warga masyarakat dapat menyalurkan zakatnya satu pintu, yakni melalui Baznas.

Lebih jauh Sekretaris Baznas Kota Sukabumi mengatakan, kesadaran warga masyarakat dalam menyalurkan zakat maupun infaq dan shodaqoh melalui Baznas hingga saat ini masih rendah. Untuk itu, Baznas Kota Sukabumi senantiasa berupaya optimal dan melaksanakan sosialisasi kepada segenap lapisan warga masyarakat di setiap kelurahan, supaya kesadaran warga masyarakat dalam menyalurkan zakat serta infaq dan shodaqohnya melalui Baznas bisa meningkat.

Disamping itu juga dikatakan, apabila melihat jumlah penduduk Kota Sukabumi tahun 2017 yang lalu yakni sekitar 350 ribu jiwa,  penduduk umat Islam yang menyalurkan zakatnya melalui Baznas hanya sekitar 70 ribu jiwa. Namun demikian, Sekretaris Baznas Kota Sukabumi merasa optimis, pada Bulan Ramadhan tahun ini, kesadaran warga masyarakat dalam menyalurkan zakat serta infaq dan shodaqohnya melalui Baznas sudah meningkat, sehingga pengumpulan zakat serta infaq dan shodaqoh dapat mencapai target yang telah ditetapkan.