SAT POL PP KOTA SUKABUMI MELAKSANAKAN RAZIA TERHADAP ANJAL DAN PENGAMEN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sat Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, melaksanakan razia terhadap Anjal (Anak Jalanan) dan Pengamen yang berkeliaran di sejumlah ruas jalan dan tempat di wilayah Kota Sukabumi. Diantaranya di Jalan Veteran II, Gedung Juang 45, Lapangan Merdeka, Jalan A. Yani, Jalan R.E. Martadinata, Jalan Otista dan Jalan R.A. Kosasih.

Kepala Bidang Gakda dan SDA (Penegakan Peraturan Daerah dan Sumber Daya Aparatur) Sat Pol PP Kota Sukabumi, Sudrajat, S.H. menandaskan, dilaksanakannya razia ini sebagai salah satu implementasi Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi Nomor 2 Tahun 2004 tentang Ketertiban Umum, untuk mewujudkan wilayah Kota Sukabumi yang aman, tertib, tenteram dan nyaman, khususnya pada Bulan Suci Ramadhan dari gangguan Anjal dan Pengamen.

Disamping itu, juga untuk mempersempit ruang gerak para Anjal dan Pengamen, yang sering meresahkan warga masyarakat. Terlebih pada saat ini, yakni pada Bulan Suci Ramadhan, bahwa ketertiban umum harus senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan. Maksud dan tujuannya untuk memberikan rasa aman, tertib, tenteram dan nyaman kepada warga masyarakat, khususnya dalam menjalankan Ibadah Puasa dan Ibadah lainnya, serta dalam menjaga Kesucian Bulan Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah dari berbagai hal yang negatif dan berbau maksiat.

Ditandaskan pula, para Anjal dan Pengamen serta Gepeng (Gelandangan dan Pengemis) yang terjaring dalam razia ini, diberikan pembinaan dan dipulangkan kepada keluarganya masing-masing. Kepala Bidang Gakda dan SDA Sat Pol PP Kota Sukabumi menjelaskan, dalam razia tersebut, pihaknya berhasil menjaring 7 Anjal dan Pengamen, yakni 5 orang berasal dari wilayah Kabupaten Sukabumi dan 2 orang berasal dari wilayah Kota Sukabumi.

Selain itu juga dijelaskan, razia tersebut akan senantiasa dilaksanakan dan ditingkatkan, diantaranya dengan secara rutin menyisir sejumlah ruas jalan dan tempat-tempat yang diduga menjadi tempat nongkrong para Anjal dan Pengamen di wilayah Kota Sukabumi. Kepala Bidang Gakda dan SDA Sat Pol PP Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya secara rutin razia Anjal dan Pengamen di wilayah Kota Sukabumi ini, dapat memberikan dan meningkatkan rasa aman, tertib, tenteram dan nyaman kepada warga masyarakat, dalam menjalankan Ibadah Puasa dan Ibadah lainnya selama Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah dengan baik dan khusyuk, terutama dari gangguan Anjal dan Pengamen serta Gepeng.