SAT POL PP KOTA SUKABUMI SECARA RUTIN MELAKSANAKAN OPERASI YUSTISI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sat Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, senantiasa berupaya optimal dan secara rutin melaksanakan Operasi Yustisi Perda (Peraturan Daerah) Kota Sukabumi Nomor 19 Tahun 2012, Tentang Perizinan dan Pendaftaran Bidang Perdagangan dan Perindustrian. Karena hingga saat ini, di Kota Sukabumi masih banyak perusahaan yang belum memiliki perizinan secara lengkap.

Seperti dijelaskan Kepala Bidang Gakda dan SDA (Penegakan Peraturan Daerah dan Sumber Daya Aparatur) Sat Pol PP Kota Sukabumi, Sudrajat, S.H., dari jumlah 13 perusahaan yang dioperasi, sebanyak 6 perusahaan belum memiliki perizinan. Sedangkan sebanyak 7 perusahaan sudah memiliki perizinan, kendati masih ada beberapa perusahaan yang perizinannya belum lengkap, dan kebanyakan perusahaan hanya baru memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Selain itu juga dijelaskan, apabila ada penambahan bangunan, pengusaha atau pemiliknya wajib melaporkan ke SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) serta instansi dan lembaga terkait sekaligus melengkapi perizinannya, supaya tidak melanggar peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk itu, Kepala Bidang Gakda dan SDA Sat Pol PP Kota Sukabumi, menghimbau kepada seluruh perusahaan di Kota Sukabumi yang belum melengkapi perizinan atau yang belum memiliki perizinan sama sekali, agar segera mengurus perizinannya ke DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota Sukabumi. Sebab apabila belum mengurus perizinannya, kegiatan usahanya akan diberhentikan dahulu, sampai dengan perizinannya diselesaikan.

Dijelaskan pula, dilaksanakannya Operasi Yustisi ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Sukabumi melalui Sat Pol PP Kota Sukabumi, dalam mendongkrak dan meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Sukabumi. Karena hingga saat ini, di Kota Sukabumi masih banyak ditemukan perusaahaan yang tidak memiliki perizinan, serta dapat berpengaruh negatif terhadap PAD.

Lebih lanjut dijelaskan, seluruh perusahaan di Kota Sukabumi wajib dan harus melengkapi perizinannya. Untuk itu, pihak Sat Pol PP Kota Sukabumi akan terus berupaya optimal melaksanakan Operasi Yustisi, sekaligus menghimbau kepada seluruh pengusaha di Kota Sukabumi, agar segera melengkapi perizinannya. Adapun maksud dan tujuannya, untuk memudahkan SKPD serta instansi dan lembaga terkait dalam melaksanakan pembinaan.