TARLING PUTARAN KESEMBILAN DI MASJID AGUNG KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Tarling (Tarawih Keliling) Putaran Kesembilan Tim Safari Ramadhan Muspida (Musyawarah Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018 sekaligus memperingati Nuzulul Quran Tahun 1439 Hijriyah, dijadwalkan berlangsung hari Jumat malam, 1 Juni 2018, di Masjid Agung Kota Sukabumi, dengan Penceramah Ketua Umum MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Sukabumi, Prof. Dr. K.H. Dedi Ismatullah Machdi, S.H., M.Hum., dan Moderator Ketua Forum Pemuda Pelopor Kota Sukabumi, Ustadz Endang Saepulloh.

Sedangkan Rombongan Tarling tersebut, terdiri dari Penjabat Wali Kota Sukabumi, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, unsur Muspida Kota Sukabumi, Penjabat Sekda (Sekretaris Daerah) Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Camat, unsur Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) dan para Lurah, jajaran Pengurus MUI Kota Sukabumi dan Kecamatan, serta jajaran Pengurus Ormas (Organisasi Kemasyarakatan) dan OKP (Organisasi Kepemudaan).

Kepala Bagian Administrasi Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Setda Kota Sukabumi, Dr. H. Dede Nurdin, S.IP., M.Ag. menjelaskan, Tarling Putaran Kesembilan Tim Safari Ramadhan Muspida Kota Sukabumi dan Peringatan Nuzulul Quran Tahun 1439 Hijriyah ini, diisi acara Pembukaan, Laporan Ketua DKM Masjid Agung Kota Sukabumi, Sambutan Penjabat Wali Kota Sukabumi, Ceramah dan acara Penutup. Selain itu juga dijelaskan, Nuzulul Quran merupakan salah satu peristiwa yang sangat penting bagi seluruh umat Islam, yakni peristiwa diturunkannya Wahyu Alloh Pertama Al-Quran Surat Al-Alaq, yang disampaikan oleh Malaikat Jibril kepada Rosul terakhir Nabi Muhammad SAW, di Gua Hiro, pada tanggal 17 Ramadhan. Dijelaskan pula, dengan diturunkannya Wahyu Alloh Pertama Al-Quran ini, merupakan salah satu solusi atau jalan keluar terbaik bagi setiap umat manusia di dunia dari kegelapan ke jalan yang terang, serta dapat membawa umat manusia keluar dari keterpurukan dunia ke jalan yang lebih baik lagi. Karena Al-Quran mengajarkan azas-azas demokrasi dan tentang HAM (Hak Asasi Manusia).

Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya peringatan Nuzulul Quran ini, seluruh umat Islam khususnya di Kota Sukabumi, dapat memahami sekaligus mengamalkan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Disamping itu juga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, ukuwah Islamiyah, persatuan dan kesatuan, khususnya dalam membangun Kota Sukabumi di berbagai bidang.