PANCASILA MERUPAKAN HASIL DARI SATU KESATUAN PROSES

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo menandaskan, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses, yang dimulai dengan Rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan Rumusan Final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Selain itu juga ditandaskan, jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara, sehingga bisa membangun kesepakatan bangsa dan mempersatukan bangsa Indonesia.

Demikian pula komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat, serta Pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang terintegrasi dengan program pembangunan, pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahtraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari pengalaman nilai-nilai Pancasila.

Penandasan Presiden RI tersebut, disampaikan Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., selaku Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 Tingkat Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 1 Juni 2018, di Halaman Apel  Setda Kota Sukabumi.

Sedangkan yang membaca Naskah Pancasila, Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi, S.IP., yang membaca Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Muhamad Haekal, yang mengibarkan Bendera Merah Putih, Ahmad Noval, Bagus Wiratama dan Reyfaldi Antonio, yang membaca Doa dari Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kota Sukabumi, serta Satuan Musik dari Bagian Perlengkapan dan Rumah Jabatan Setda Kota Sukabumi.

Adapun peserta upacara, terdiri dari Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Yonif 310 Kidang Kancana, Yon Armed 13 Nanggala Kostrad, Polres Sukabumi Kota, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Sat Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, Kopri, OKP (Organisasi Kepemudaan), KNPI dan PGRI, serta Mahasiswa, para Pelajar dan Pramuka.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Penjabat Sekda (Sekertaris Daerah) Kota Sukabumi, Ketua TP PKK dan DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi,  para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN dan BUMD, para Camat dan Lurah, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempetan tersebut, Penjabat Wali Kota Sukabumi menyerahkan Dokumen dan Adminduk (Administrasi Kependudukan), yang terdiri dari KTP-el (Kartu Tanda Penduduk elektronik), KK (Kartu Keluarga), Akta Kelahiran dan Akta Kematian, secara simbolis kepada sejumlah perwakilan warga masyarakat Kota Sukabumi, melalui Program Si Jempol (Siap Jemput Bola) Pelayanan dan Pembuatan Dokumen dan Adminduk Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi.