PROGRAM SI JEMPOL DISDUKCAPIL KOTA SUKABUMI TERUS DITINGKATKAN DAN DIKEMBANGKAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Program Si Jempol (Siap Jemput Bola) Pelayanan Pembuatan Dokumen dan Adminduk (Administrasi Kependudukan) Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, terus ditingkatkan dan dikembangkan, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarakat. Kendati pada hari libur, Disdukcapil Kota Sukabumi terus berupaya optimal menyisir tempat-tempat perbelanjaan, sekaligus mengingatkan dan membantu warga masyarakat dalam mengakses Dokumen dan Adminduk.

Adapun kegiatan yang baru-baru ini dilaksanakan, seperti dikatakan Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T., yakni Pelayanan Pembuatan Dokumen dan Adminduk kepada warga masyarakat Kota Sukabumi melalui Program Si Jempol, di Toserba Selamat dan Pasar di Kota Sukabumi selama 3 hari berturut-turut, tepatnya dari tanggal 28 sampai dengan tanggal 30 Mei 2018, mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB, melalui tagline Ngabuburit Bersama Disdukcapil.

Diharapkannya, Program Si Jempol Pelayanan Pembuatan Dokumen dan Adminduk ini, dapat lebih membantu warga masyarakat dalam mengakses Dokumen dan Adminduk. Karena hingga saat ini, masih banyak warga masyarakat yang belum memiliki perlengkapan Dokumen dan Adminduk, seperti KTP-el (Kartu Tanda Penduduk elektronik), KK (Kartu Keluarga), Akta Kelahiran dan yang lainnya.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi menjelaskan, selama kegiatan tersebut dilaksanakan, banyak warga masyarakat yang antusias membuat perlengkapan Dokumen dan Adminduk. Dijelaskan pula, dari 13 jenis pelayanan Dokumen dan Adminduk yang diberikan, mayoritas pelayanan yang diminta oleh warga masyarakat yakni penggantian dan pembuatan KTP-el, perubahan dan pembuatan KK, pembuatan Akta Kelahiran dan Akta Kematian serta legalisir.

Selain itu juga dijelaskan, saat ini ada 680 Suket (Surat Keterangan) Penduduk yang belum ditukar dengan KTP-el oleh warga masyarakat. Untuk itu, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi menghimbau kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi yang belum menukarkan Suket Penduduk dengan KTP-el, agar segera menukarkannya, baik ke Disdukcapil Kota Sukabumi maupun melalui Program Si Jempol Pelayanan Pembuatan Dokumen dan Adminduk. Karena hingga saat ini, di Disdukcapil Kota Sukabumi masih tersedia stok belangko KTP-el sebanyak 10 ribu belangko.

Lebih lanjut Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi menjelaskan, kesadaran warga masyarakat Kota Sukabumi dalam pembuatan Dokumen dan Adminduk cukup baik dan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari kepemilikan Dokumen dan Adminduk warga masyarakat Kota Sukabumi cukup baik dan tinggi, yakni kepemilikan KTP-el sudah mencapai 90 persen dan kepemilikan Akta Kelahiran sudah mencapai 95 persen.