PPDB SMP DI KOTA SUKABUMI MENGGUNAKAN SISTEM ZONASI

Reporter / redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti dikatakan Kepala Bidang Dikdas (Pendidikan Dasar) Dinas P dan K (Pendidikan dan Kebudayaan) Kota Sukabumi, Drs. Dikdik Kristiana, M.Pd., PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) SMP Tahun 2018-2019, di Kota Sukabumi sebanyak 90 persen menggunakan sistem zonasi atau jarak rumah calon peserta didik baru dengan sekolah, serta menjadi prioritas bagi calon peserta didik baru untuk diterima.

Selain itu juga dikatakan, digunakannya sistem tersebut, sesuai dengan Permendikbud (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) RI Nomor 14 Tahun 2018 Tentang PPDB, diantaranya menyebutkan, bahwa yang menjadi kriteria utama dalam PPDB yakni jarak sesuai dengan ketentuan zonasi. Untuk itu, dasar penerimaan masuk ke SMP di Kota Sukabumi, dibagi menjadi 90 persen zonasi murni, 5 persen untuk jalur prestasi, dan 5 persen lagi untuk anak pindahan atau terjadi bencana alam atau sosial.

Kepala Bidang Dikdas Dinas P dan K Kota Sukabumi juga menjelaskannya, untuk zonasi murni ditentukan dengan peserta didik baru memilih sekolah dengan jarak paling dekat dari rumah ke sekolah. Sedangkan untuk jalur prestasi ditentukan adanya tambahan nilai prestasi yang menunjang, seperti OSN (Olimpiade Siswa Nasional), O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional), dan FLSN (Festival Literasi Seni Nasional).

Dijelaskan pula, setiap sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zona terdekat, minimal 90 persen dari total jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima. Lebih jauh dijelaskan, apabila keberadaan rumah calon peserta didik berada dalam jarak pertama 5 kilometer akan langsung diterima, dan Jarak kedua 10 kilometer. Selain itu, sekolah juga tidak boleh membeda-bedakan calon peserta didik, serta harus menerima calon peserta didik yang menyandang difabel, sehingga tidak membeda-bedakan calon dan peserta didik.

Adapun kuota SMP dan SD Negeri di Kota Sukabumi, untuk tahun 2018 mencapai sekitar 5.000 pelajar. Sedangkan jumlah SMP di Kota Sukabumi, saat ini mencapai 44 sekolah, yang tediri dari 16 SMP Negeri dan 28 SMP Swasta. Dikatakannya, untuk di Kota Sukabumi lebih banyak SMP Swasta apabila dibandingkan dengan SMP Negeri, sehingga untuk PPDB ini ada pembagiannya. Dikatakan pula, diadakannya pembagian PPDB tersebut, sebagai salah satu upaya untuk pemerataan pendidikan di Kota Sukabumi, sehingga tidak ada lagi istilah sekolah elit atau sekolah unggulan.