PENJABAT WALI KOTA SUKABUMI MENYERAHKAN ALAT BANTU KEPADA PENYANDANG DISABILITAS

Reporter :  ARIF HIDAYAT

Redaktur : ENDANG SUMARDI

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., didampingi PLT (Pelaksana Tugas) Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Hudi Kodir Wahyu, S.Sos., M.K.M., secara simbolis menyerahkan bantuan alat bantu kepada penyadang disabilitas di Kota Sukabumi, dari Kementrian Sosial RI, tepatnya tanggal 5 Juni  2018, di Halaman Kantor Dinas Sosial Kota Sukabumi. Adapun alat bantu tersebut terdiri dari Al-Quran Braille diberikan kepada Erman Suherman, Tongkat Putih kepada Esih Sukaesih, ABD (Alat Bantu Dengar) kepada Wida Desmara, Tongkat Ketiak kepada Endang Jumadi, dan Kursi Roda kepada Didin Samsudin.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., dalam sambutannya mengatakan, penyerahan bantuan alat bantu ini merupakan salah satu hal yang sangat positif, karena dari sekian propinsi serta kabupaten dan kota di Indonesia, tidak semua mendapat bantuan ini secara langsung dari Kementrian Sosial RI. Untuk itu, semua pihak patut bersyukur, karena Kota Sukabumi dipercaya mendapat bantuan alat bantu bagi penyandang disabilitas langsung dari Kementrian Sosial RI. Dikatakannya, alat bantu ini sangat penting bagi orang yang membutuhkan, terutama bagi kaum disabilitas. Diharapkannya, alat bantu tersebut dapat  bermanfaat bagi penyandang disabiltas, untuk menunjang peningkatan fungsi fisik dan sosial, sekaligus mengurangi ketergantungan kepada orang lain. Selain itu, Penjabat Wali Kota Sukabumi juga mengharapkan kepada penyandang disabilitas, agar senantiasa berupaya optimal dan tetap semangat dalam menjalani berbagai kehidupan setiap hari.

Sementara PLT Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Hudi Kodir Wahyu, S.Sos., M.K.M. menjelaskan, alat bantu tersebut semuanya merupakan bantuan dari Kementrian Sosial  RI, yang jumlahnya mencapai 332 buah. Antara lain 20 buah Al-Quran Braille, 50 buah Tongkat Putih, 82 buah ABD, 50 buah Tongkat Ketiak, 129 buah Kursi Roda, dan 1 buah Sketboard. Dijelaskan pula, alat bantu tersebut akan diberikan kepada warga masyarakat Kota Sukabumi yang membutuhkan, khususnya warga masyarakat yang tidak mampu. Selain itu, Dinas Sosial Kota Sukabumi dan Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi, memberikan KTP-el (Kartu Tanda Penduduk elektronik) dan KK (Kartu Keluarga) kepada warga masyarakat yang tidak mampu.