SEJAK H MIN 4 IDUL FITRI SELURUH TRUK YANG BERMUATAN BESAR DILARANG MELINTAS DI WILAYAH KOTA SUKABUMI

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Kepala Bidang LLA (Lalu Lintas dan Angkutan) Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, H.R. Imran Whardhani, A.Md.LLAJ., S.IP., M.Si., sejak H min 4 Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah, seluruh truk yang bermuatan besar dilarang melintas di wilayah Kota Sukabumi, kecuali truk yang bermuatan Bahan Pangan dan BBM (Bahan Bakar Minyak). Karena selama musim mudik dan balik Idul Fitri, seluruh kendaraan pengangkut bahan bangunan, hasil tambang non BBM, truk tempelan, truk gandengan, container, kendaraan barang maksimal 14 ribu kilogram dan pengangkut barang dengan sumbu tiga atau lebih, dilarang beroperasi.

Sedangkan kendaraan yang diizinkan beroperasi selama musim mudik dan balik Idul Fitri, diantaranya kendaraan pengangkut bahan makanan, ternak, BBG, BBM, antaran pos, barang ekspor atau impor dari dan ke pelabuhan, serta kendaraan yang diberi tanda khusus untuk mengangkut sepeda motor mudik gratis. Ditandaskannya, larangan tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi berbagai hal dan permasalahan, yang bisa terjadi pada musim mudik dan balik Idul Fitri, seperti kemacetan panjang kendaraan dan kecelakaan lalu lintas. Selain itu, juga untuk menunjang kelancaran dan kenyamanan warga masyarakat terutama para pemudik di perjalanan, khususnya di Kota Sukabumi.

Ditandaskan pula, apabila truk bertonase besar jadwal pengoperasiannya tidak diatur, dapat mengakibatkan terjadinya penumpukan kendaraan dan kemacetan lalu lintas. Terlebih daerah Sukabumi, sebagai salah satu daerah tujuan mudik, serta dipastikan akan banyak kendaraan yang masuk dan melalui daerah Sukabumi. Untuk itu, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi sudah menyiapkan berbagai langkah dan antisipasi, supaya pelaksanaan mudik dan balik Idul Fitri, khususnya di Kota Sukabumi dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta aman dan nyaman.

Lebih lanjut Kepala Bidang LLA Dinas Perhubungan Kota Sukabumi menandaskan, apabila ada truk yang membandel melintasi wilayah Kota Sukabumi pada musim mudik dan balik Idul Fitri, akan ditindak tegas dan diberikan sangsi, sesuai dengan ketentuan peraturan dan per-undang-undangan yang berlaku, bekerja sama dengan Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Sukabumi Kota. Selanjutnya ditandaskan, larangan tersebut senantiasa diberlakukan secara rutin setiap tahun, tepatnya pada setiap musim mudik dan balik Idul Fitri, sebagai salah satu langkah dan upaya preventif, untuk menekan terjadinya penumpukan kendaraan dan kemacetan arus lalu lintas khususnya di Kota Sukabumi.