POLRES SUKABUMI KOTA MENURUNKAN SEBANYAK 500 PERSONEL

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Dalam Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2018 yang dijadualkan berlangsung selama 18 hari, tepatnya dari tanggal 7 sampai dengan 24 Juni 2018, Polres Sukabumi Kota menurunkan sebanyak 500 personel, ditambah ratusan personel dari Sub Den Pom (Detasemen Polisi Militer) Sukabumi, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Sat Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, serta instansi dan lembaga terkait lainnya.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si. menandaskan, dalam operasi tersebut ada 4 potensi yang harus diwaspadai, antara lain kelancaran lalu lintas mudik dan balik, stabilitas harga dan bahan pangan, terorisme, pencurian, bencana alam dan kejahatan lainnya. Diharapkannya, seluruh potensi tersebut bisa diantisipasi dan ditangani secara optimal, termasuk berbagai potensi lainnya di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Untuk itu, Polres Sukabumi Kota sudah berupaya optimal dan mengantisiasi berbagai potensi, diantaranya dengan membangun sejumlah Posko (Pos Komando) Pengamanan di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Dikatakannya, dari sejumlah Posko Pengamanan tersebut, ada 3 Posko Pengamanan yang beroperasi dan melakukan pengamanan 24 jam. Dikatakan pula, ke 3 Posko Pengamanan terasebut, dipusatkan dibeberapa titik keramaian di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Diantaranya di Bunderan Sukaraja, Jalan A. Yani dan Pasar Tradisional. Karena ke 3 Posko Pengamanan tersebut sangat strategis, khususnya dalam memonitor arus lalu lintas dan keamanan.

Lebih lanjut Kapolres Sukabumi Kota mengatakan, selain membangun Posko Pengamanan, Polres Sukabumi Kota juga membangun Pos Pelayanan di Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi. Dibangunnya Pos Pelayanan di terminal tersebut, untuk meminitor arus mudik dan keamanan di wilayah terminal tersebut dan sekitarnya. Disamping itu, seluruh Polsek di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, diinstruksikan dan diwajibkan membangun Pos Singgah Patroli, di area yang tepat di wilayah Polsek masing-masing. Adapun maksud dan tujuan dibangunnya sejumlah Posko Pengamanan dan Pos Pelayanan serta Pos Singgah Patroli di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota ini, diantaranya untuk meningkatkan pelayanan, keamanan dan kenyamanan warga masyarakat serta kelancaran arus mudik dan balik, khususnya di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.