SEBANYAK 880 PESERTA MUDIK GRATIS DARI KOTA SUKABUMI SUDAH DIBERANGKATKAN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sebanyak 880 peserta mudik gratis dari Kota Sukabumi, sudah diberangkatkan menuju sejumlah kota di Jawa Tengah, menggunakan 18 armada bus. Adapun keberangkatan peserta mudik tersebut, dilepas secara resmi oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., tepatnya tanggal 9 Juni 2018, di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, dipandu oleh salah seorang artis dan bintang iklan kondang, Elma Theana.

Hadir pada kesempatan tersebut, Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Mantan Wali Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, serta para tamu undangan lainnya.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M., dalam sambutannya menghimbau kepada para awak armada bus mudik gratis dari Kota Sukabumi, agar senantiasa berhati-hati dan jangan ugal-ugalan. Sedangkan kepada para peserta mudik, agar selalu berdoa dan waspada terhadap seluruh barang-barang bawaannya. Maksud dan tujuannya, untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan. Pada bagian lain sambutannya, Penjabat Wali Kota Sukabumi mengucapkan selamat jalan kepada seluruh peserta mudik, seraya mengharapkan agar selamat sampai tujuannya masing-masing. Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Wali Kota Sukabumi menyerahkan santunan kepada anak yatim dan jompo, serta membagikan tajil dan makanan untuk buka puasa.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD. menjelaskan, untuk mudik gratis tahun 2018 ini, pada awalnya Dinas Perhubungan Kota Sukabumi menyediakan 17 armada bus. Namun melihat animo warga masyarakat yang sangat besar, akhirnya ditambah 1 armada bus lagi, sehingga totalnya menjadi 18 armada bus, untuk tujuan Solo, Yogyakarta dan Semarang.

Dijelaskan pula, untuk menjaga sekaligus meningkatkan keamanan dan kenyamanan para peserta mudik, sebelum diberangkatkan Dinas Perhubungan Kota Sukabumi terlebih duhulu melakukan pengecekan dan pemeriksaan kelayakan terhadap seluruh armada bus, mulai dari kondisi rem dan kopling hingga gas dan ban, sehingga benar-benar layak jalan. Selain itu, seluruh awak armada bus juga dilakukan pengecekan dan pemeriksaan kesehatan, serta tes urine dan narkoba, di stand BNN (Badan Narkotika Nasional).