SEJAK H MIN 7 IDUL FITRI ONGKOS BUS AKDP MENGALAMI KENAIKAN SEBESAR RP. 15 RIBU

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Sejak H min 7 Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah atau sejak tanggal 8 Juni 2018, Ongkos Bus AKDP (Angkutan Kota Dalam Provinsi) di Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, mengalami kenaikan sebesar Rp. 15 ribu atau sebesar 50 persen. Seperti Bus MGI jurusan Sukabumi-Bandung kelas pelayanan AC eksekutif, yang awalnya sebesar Rp. 30 ribu menjadi Rp. 45 ribu per orang.

Salah seorang Staf Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, Heri Purnama menjelaskan, hingga saat ini belum ada Permenhub (Peraturan Menteri Perhubungan) RI dan Gubernur Jawa Barat tentang penetapan Tuslah atau Tarif Atas Bawah Angkutan Lebaran, baik untuk Bus AKDP maupun untuk Bus AKAP (Angkutan Kota Antar Provinsi). Dijelaskan pula, pada lebaran tahun 2017 pun, Kemenhub (Kementerian Perhubungan) RI dan Gubernur Jawa Barat tidak menetapkan Tuslah atau tambahan pembayaran ongkos lebaran.

Menyinggung adanya kenaikan ongkos Bus tersebut, seperti dijelaskan Heri Purnama, pihak Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi tidak bisa berbuat apa-apa, atas adanya kenaikan ongkos Bus tersebut. Kecuali ada laporan dari warga masyarakat pengguna jasa transfortasi angkutan Bus terkait adanya kenaikan ongkos Bus tersebut, pihak Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi selaku penyelenggara di bidang angkutan orang Kemenhub RI, akan menindaknya secara tegas, sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Sedangkan sanksi bagi setiap Bus AKDP dan Bus AKAP yang melakukan pelanggaran, yakni dari mulai tidak diperbolehkan beroperasi untuk sementara hingga izin trayek kendaraannya dicabut, tergantung pada ringan dan beratnya dalam melakukan pelanggaran. Demikian pula bagi para awak Busnya, akan diberhentikan atau di non aktifkan.

Staf Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, Heri Purnama mengatakan, untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan oleh para penumpang pada saat diperjalanan, pihak Terminal Tipe A K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi beserta instansi dan lembaga terkait, senantiasa berupaya optimal dan secara rutin melakukan ram cek kendaraan dan pemeriksaan kesehatan kepada para Sopir Bus di Terminal K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi. Selain itu, para Sopir Bus juga dibekali buku saku, untuk panduan dalam perjalanan.