SETUKPA LEMDIKLAT POLRI SUKABUMI MELAKSANAKAN DONOR DARAH

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Dalam rangka menyambut HUT (Hari Ulang Tahun) Ke 72 Bhayangkara Tahun 2018 tepatnya yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2018 mendatang, Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi melaksanakan bhakti sosial donor darah, tepatnya tanggal 4 Juni 2018, di Gedung Jananuraga Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Sukabumi.

Kepala RS (Rumah Sakit) Bhayangkara Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, AKBP dr. M. Sofwan menjelaskan, kegiatan donor darah ini diikuti oleh 1.406 personil dan siswa Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, serta pelaksanaannya dibagi dua sesi, yakni sesi pertama dilaksanakan pada bulan Ramadhan, dan sesi kedua dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri.

Kepala RS Bhayangkara Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi menandaskan, selain dalam rangka menyambut HUT Ke 72 Bhayangkara Tahun 2018, kegiatan donor darah ini sebagai bentuk rasa empati Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, untuk membantu PMI Kota Sukabumi, karena pada saat ini, stok darah di PMI Kota Sukabumi semakin berkurang. Untuk itu, Kepala RS Bhayangkara Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya donor darah ini, dapat membantu melengkapi dan memenuhi kebutuhan labu darah di PMI Kota Sukabumi.

Dalam pada itu, Kepala UTD (Unit Transfusi Darah) PMI Kota Sukabumi, dr. Nurlela menjelaskan, pada saat menjelang Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah ini, stok labu darah di PMI Kota Sukabumi mengalami pengurangan. Bahkan pada saat ini, stok labu darah yang ada di PMI Kota Sukabumi kurang dari 100 labu darah. Hal ini terjadi, akibat menurunnya para pendonor darah di Kota Sukabumi, karena banyak yang menjalankan ibadah puasa.

Namun demikian, hingga saat ini PMI Kota Sukabumi belum menerima kasus ada warga masyarakat yang membutuhkan darah datang langsung ke PMI Kota Sukabumi. Sebab hingga saat ini, PMI Kota Sukabumi hanya memberikan labu darah melalui pihak RS (Rumah Sakit) yang membutuhkan, dan hingga saat ini masih teratasi. Kepala UTD PMI Kota Sukabumi mengharapkan, dengan adanya bhakti sosial donor darah yang dilaksanakan oleh Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi ini, dapat menambah stok labu darah sekaligus sebagai persiapan PMI Kota Sukabumi, karena setelah Idul Fitri biasanya banyak warga masyarakat yang membutuhkan darah.