PELAKSANAAN SHOLAT IDUL FITRI TINGKAT KOTA SUKABUMI TAHUN 1439 HIJRIYAH BERJALAN LANCAR

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri Tingkat Kota Sukabumi Tahun 1439 Hijriyah yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi tanggal 1 Syawal 1439 Hijriyah atau bertepatan dengan tanggal 15 Juni 2018 berjalan lancar, serta aman, tertib dan hidmat. Selain dilaksanakan di Tingkat Kota Sukabumi, Sholat Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah ini juga dilaksanakan di Tingkat Kecamatan dan Kelurahan serta di Tingkat RW, yang dipusatkan di sejumlah lapangan dan masjid jami.

Sedangkan yang melaksanakan Sholat Idul Fitri di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, diantaranya Penjabat Wali Kota Sukabumi, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, Jajaran Pengurus TP PKK dan DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kota Sukabumi, Jajaran Pengurus MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Sukabumi, serta para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Wanita, Pemuda dan puluhan ribu umat Islam lainnya.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Sukabumi, Drs. H. Dady Iskandar, M.M. menjelaskan, segenap kaum muslimin di seluruh penjuru dunia, pada tanggal 1 Syawal 1439 Hijriyah merayakan hari kemenganan, setelah sebelumnya melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh pada Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah, sebagai salah satu bukti nyata ketaatan segenap kaum muslimin kepada Yang Maha Kuasa.

Oleh karenanya, segenap kaum muslimin di seluruh penjuru dunia mengumandangkan takbir, tasbih, tahlil dan tahmid pada hari kemenangan, untuk mengagungkan asma Alloh, dengan memuji sekaligus mensyukuri segala rahmat dan inayah, serta nikmat yang telah diberikan oleh Alloh kepada segenap kaum muslimin, sesuai dengan firman Alloh dalam AL-Quran Surat AL-Baqoroh Ayat 185, yang artinya, dan hendaklah kamu mengagungkan asma Alloh, atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Dijelaskan pula, kebahagiaan dan kenikmatan yang dirasakan oleh segenap kaum muslimin di seluruh penjuru dunia, karena segenap kaum muslimin telah menjadikan Bulan Suci Ramadhan sebagai momentum untuk mendapatkan rahmat dan maghfiroh dari Alloh, serta dijauhkan dari siksa api neraka. Untuk itu, tiada waktu yang tersia-siakan, serta siang dan malam melaksanakan berbagai ibadah, baik ibadah mahdhoh atau ibadah vertikal kepada Alloh, maupun ibadah ghoiru mahdhoh atau ibadah horizontal kepada sesama umat manusia.

Penjabat Wali Kota Sukabumi mengharapkan, berbagai ibadah yang dilaksanakan tersebut, menjadi salah satu bukti nyata pengabdian yang tulus dari segenap kaum muslimin, serta dapat diterima oleh Yang Maha Kuasa. Berkaitan dengan hal tersebut, tiada kata dan kalimat yang paling tepat diucapkan oleh segenap kaum muslimin di seluruh penjuru dunia, selain Taqobbalallohu Minnaa Wa Minkum, Shiyaamanaa Wa Shiyaamakum, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Leave a Reply