SELURUH TPU DI KOTA SUKABUMI DIPADATI OLEH PARA PENZIARAH

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seluruh TPU (Taman Pemakaman Umum) di Kota Sukabumi, diantaranya TPU Taman Bahagia, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, dan TPU Taman Rohmat, Kelurahan Citamiang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, sejak hari H hingga H plus 2 Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah, yakni sejak tanggal 1 sampai dengan tanggal 3 Syawal 1439 Hijriyah atau tanggal 15 sampai dengan tanggal 17 Juni 2018, dipadati oleh para penziarah.

Seperti dijelaskan oleh sejumlah Petugas TPU Taman Bahagia dan TPU Taman Rohmat, para penziarah ini berasal dari berbagai pelosok daerah, yakni selain dari dalam juga dari luar daerah Kota Sukabumi. Diantaranya dari daerah Kabupaten Sukabumi, Bogor, Depok, Bekasi, Cianjur, Bandung dan daerah Jawa Barat lainnya, serta dari daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Jakarta, Banten dan Lampung Sumatera.

Adapun maksud dan tujuan para penziarah ini, yakni melaksanakan tabur bunga dan berdoa di makam keluarganya masing-masing, agar arwah almarhum dan almarhumah keluarganya yang telah meninggal dunia tersebut, mendapat rohmat dan maghfiroh, diterima iman islamnya, serta ditempatkan di tempat yang diridhoi oleh Yang Maha Kuasa.

Sedangkan kedatangan para penziarah ini, dimanfaatkan oleh sejumlah warga masyarakat di sekitar TPU tersebut, untuk mengais rejeki dan menambah penghasilan, diantaranya dengan menjadi petugas parkir musiman, berjualan air dan bunga rampai, serta berbagai jenis makanan dan minuman, seperti Bakso, Cilok, Mie Ayam, Ice Cream, Rujak dan sebagainya.

Sementara sejumlah pedagang khususnya di sekitar TPU Taman Bahagia menjelaskan, penghasilan dari jualan pada Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah tepatnya dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 3 Syawal 1439 Hijriyah ini, cukup memuaskan dan menggembirakan, karena bisa mencapai 2 hingga 3 kali lipat dari hari-hari biasa. Dijelaskannya, keuntungan dari hasil jualan pada Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 Hijriyah ini, digunakan untuk menutupi kebutuhan hidup selama bulan Ramadhan, termasuk bekas biaya Hari Raya Idul Fitri, seperti bekas membeli pakaian, makanan dan minuman, serta keperluan lainnya.

Disamping para petugas parkir musiman dan para pedagang, para petugas dan sejumlah pengemis yang ada di TPU tersebut, juga ikut kebanjiran rejeki yang cukup memuaskan dan menggembirakan. Sebab para penziarah ini, setelah selesai melaksanakan tabur bunga dan berdoa di makam keluarganya masing-masing, memberi infaq dan shodaqoh kepada para petugas dan pengemis yang ada di TPU tersebut.

Leave a Reply