DALAM TAHUN 2018 INI SEBANYAK 212 PNS DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA SUKABUMI PENSIUN

Reporter / Redaktur : ENDANG SUMARDI

Seperti diungkapkan Sekretaris BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kota Sukabumi, Drs. Ade Suherman, M.Si., dalam tahun 2018 ini, sebanyak 212 PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi pensiun. Dengan demikian, formasi PNS di Kota Sukabumi terus berkurang, serta belum ada pengangkatan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) baru dalam beberapa tahun terakhir ini, tepatnya sejak ditetapkannya moratorium atau penghentian pengangkatan CPNS oleh Pemerintah Pusat.

Diungkapkan pula, jumlah PNS yang pensiun dalam tahun 2018 ini, lebih banyak dari tahun 2017 yang lalu, yakni mencapai 163 orang, sehingga jumlah PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi saat ini tinggal 3.951 orang. Sedangkan pada tahun sebelumnya, jumlah PNS di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi  mencapai 4.000 orang lebih. Lebih jauh Sekretaris BKPSDM Kota Sukabumi mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan PNS sekaligus untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan kinerja Pemerintah Kota Sukabumi, dilakukan pengangkatan THL (Tenaga Harian Lepas), sehingga jumlah THL di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi yang memiliki SK (Surat Keputusan) dari Wali Kota Sukabumi, saat ini mencapai 975 orang.

Selain itu juga diungkapkan, pada tahun 2018 ini ada usulan dari Pemerintah Kota Sukabumi untuk pengangkatan CPNS menjadi PNS sebanyak 100 orang, serta sudah diajukan pada era kepemimpinan Wali Kota Sukabumi periode tahun 2013-2018, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. Adapun hasil pengajuan pengangkatan CPNS menjadi PNS ini, menurut rencana akan diumumkan pada bulan Juli 2018 mendatang.

Sekretaris BKPSDM Kota Sukabumi menandaskan, dengan adanya pengangkatan CPNS menjadi PNS ini, tidak sebanding dengan jumlah PNS yang dibutuhkan dan yang pensiun. Sebab apabila melihat analisa jabatan di SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, kekurangan PNS ini menyeluruh di setiap SKPD hingga tingkat kelurahan. Untuk itu, Sekretaris BKPSDM Kota Sukabumi mengharapkan, agar moratorium pengangkatan CPNS oleh Pemerintah Pusat dapat segera dicabut, sehingga ke depannya kebutuhan PNS di setiap SKPD hingga tingkat kelurahan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi dapat diatasi dan dipenuhi.

Leave a Reply